Menu Close

Latsar CPNS Harus Menjadi Pondasi Kokoh Penggerak Inovasi Pelayanan Publik

Jatinangor – Masa pandemi, disaat masyarakat pada umumnya merasakan berbagai macam kesulitan mulai dari aspek kesehatan, ekonomi, pendidikan, sosial dan sebagainya, justru membutuhkan sosok ASN yang berperan sebagai motor penggerak pelayanan. Tentu saja pelayanan publik yang dibutuhkan adalah pelayanan dengan cara-cara yang cerdas, karena masa pandemi ini membutuhkan penanganan yang tepat dan inovatif. Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Muhammad Taufiq, DEA, pada Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Gol. III Angkatan II Puslatbang PKASN, secara daring, Rabu (23/6).

Dalam rangka menyikapi berbagai perubahan termasuk pemulihan masa pandemi yang luar biasa ini dan untuk kemajuan bangsa dan negara, penting sekali dilakukan percepatan transformasi digital yang merupakan terobosan di era new normal. Untuk mendukung hal tersebut, perlu diperhatikan beberapa hal seperti :

  • Adanya penataan regulasi pengelolaan sumber daya manusia
  • Percepatan pengembangan infrastruktur e-gov
  • Penataan proses bisnis di lingkungan pemerintahan sebagai respon atas kebutuhan masyarakat di era pandemi
  • Adanya perubahan mind set digital di kalangan birokrator
  • Para ASN memiliki literasi digital yang sangat mumpuni

Pelatihan Dasar CPNS harus menjadi pondasi yang kokoh sebagai penggerak inovasi pelayanan publik dan mampu mengelola perubahan-perubahan dan membangun diri sesuai dengan kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan di masa depan. Setelah mengikuti latsar CPNS diharapkan mampu menjadi ASN berkelas dunia yang memiliki integritas yang kuat dengan terus melakukan inovasi-inovasi. (Humas)

Scroll Up