Menu Close

Penutupan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan I Berau

Berau – Sebanyak 80 orang peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan I dan II Tahun 2021 yang seluruhnya berasal dari Pemerintah Kabupaten Berau resmi dilepas oleh Deputi Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN Lembaga Administrasi Negara Muhammad Taufiq pada hari ini, Jum’at (28/5) di Gedung Balai Mufakat Pemerintah Kabupaten Berau. Pelatihan ini digelar secara blended learning melalui pembelajaran virtual dan klasikal, yang diharapkan dapat meningkatkan kompetensi kepemimpinan pengawas

Taufiq menyampaikan dalam sambutannya bahwa saat ini bangsa Indonesia sedang dihadapkan pada ujian pandemi covid-19 yang mendekonstruksi berbagai dimensi kehidupan, terutama sektor kesehatan dan ekonomi. Oleh karena itu, menurut Taufiq bangsa ini membutuhkan generasi ASN unggul yang mampu menjadi problem solver dan dapat menjadi pemecah kebuntuan berbagai sektor kehidupan yang stagnan bahkan mengalami kemunduran.

“ASN adalah subjek birokrasi yang harus pro-aktif mengembangkan kualitas diri dan berperan serta sebagai agen perubahan (agent of change), terhadap pelayanan kepada masyarakat. Saat ini bukan zamannya lagi menjadi ASN yang pasif dan manja, melainkan zaman dimana kemandirian, kreativitas, inovasi dan kemampuan memecahkan masalah menjadi kunci kesuksesan utama, dari manapun anda berasal, ASN “zaman now” diharapkan mampu berfikir secara futuristik (mampu membaca kemungkinan-kemungkinan masa depan), cerdas mengambil momentum, dan berani menjadi subjek perubahan, tidak hanya menjadi follower” sambung Taufiq lagi.

Kedepannya, Taufiq berharap agar seluruh alumni dapat mewujudkan birokrasi yang melayani dan mampu melanjutkan peran sebagai pemimpin perubahan melalui terobosan pemecahan masalah/inovasi yang telah dilakukan dengan menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan yang melayani dengan mengedepankan kerjasama tim, jejaring kerja, serta manajemen mutu pelayanan. Hal ini dikarenakan di masa yang akan datang, inovasi pelayanan publik seharusnya bukan hanya sebatas pengetahuan saja, namun sudah menjadi budaya organisasi.

Di akhir sambutannya, Taufiq menyampaikan apresiasi dan ungkapan rasa terima kasihnya terhadap Pemerintah Kabupaten Berau yang telah memberikan kepercayaan kepada LAN dengan penjaminan mutu dari Puslatbang KDOD untuk menyelenggarakan pelatihan ini. Ia pun berharap agar kerjasama ini dapat terus berlanjut atau berkesinambungan agar LAN juga dapat selalu berkontribusi dalam upaya menguatkan pemerintah daerah dalam kerangka Negara kesatuan, serta melakukan revolusi karakter bangsa khususnya Aparatur Sipil Negara. (ler/ler)

Skip to content