Menu Close

Puslatbang KDOD Gelar Kelompok Budaya Kerja

Samarinda – Forum Kelompok Budaya Kerja (KBK) yang menjadi kegiatan rutin dwi mingguan di Puslatbang KDOD pada hari ini, Jum’at (28/5) menghadirkan sesuatu yang berbeda. Jika di KBK-KBK sebelumnya ada yang menjadi Narasumber, kali ini sebuah film berjudul “Anak Garuda” menjadi Narasumber dalam kegiatan tersebut. Seluruh pegawai Puslatbang KDOD berkumpul di Auditorium untuk melakukan nobar alias Nonton Bareng film tersebut. Ide ini diinisasi oleh tim RB Area Manajemen Perubahan yang ingin memberikan tontonan menarik dan dapat mengambil nilai-nilai positif yang terkandung di dalam film tersebut. Namun tentu saja nilai-nilai yang dimaksud tak terlepas dari hal-hal seputar organisasi.

Film yang ditayangkan selama kurang lebih 120 menit yang juga diangkat dari kisah nyata ini bercerita tentang tujuh orang anak dengan latar belakang suku, agama, dan ras yang berbeda-beda, yang menjadi tim pengelola dalam Sekolah Selamat Pagi Indonesia (SPI), yakni sekolah bagi yatim piatu tidak mampu yang didirikan oleh seorang pria bernama Julianto Eka Putra yang akrab dipanggil dengan sebutan Koh Jul. Di dalam sebuah tim yang terdiri dari tujuh orang dengan latar belakang berbeda dan pemikiran yang berbeda-beda pula akhirnya menimbulkan berbagai macam persoalan dan juga perpecahan di antara mereka. Banyak yang dapat diambil dari kisah ini, seperti misalnya bagaimana ketujuh anak tersebut mengatasi ego dan kesalahpahaman, mengelola emosi, dan membangun atau memperbaiki kembali komunikasi antara yang satu dengan yang lainnya. Pada akhirnya pun, perlahan mereka dapat mengatasi permasalahan mereka sendiri tanpa dibantu oleh Koh Jul yang biasanya menjadi tempat mereka untuk bergantung. Tentu saja hal ini membuat Koh Jul sebagai pemimpin tim merasa bangga dan berhasil dalam mendidik dan membimbing mereka.

Kegiatan nobar yang digawangi oleh Tim RB Area Manajemen Perubahan seperti ini rencananya akan dilakukan kembali di lain kesempatan. Tentu saja film yang akan ditayangkan adalah film-film seperti film Anak Garuda ini, yang sarat akan makna dan pembelajaran yang diharapkan dapat menginspirasi pegawai Puslatbang KDOD dalam penerapan kehidupan berorganisasi sehari-hari. (ler/ler)

Skip to content