Menu Close

Pasca Hari Raya Idul Fitri, LAN Gelar Halalbihalal secara Daring dan Luring

Jakarta – Lembaga Administrasi Negara (LAN) menggelar kegiatan halalbihalal di hari pertama masuk kantor pasca libur Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Kegiatan yang dipusatkan di Aula Prof. Dr. Agus Dwiyanto, MPA, Kantor LAN Veteran ini diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan LAN secara daring dan luring, Senin (17/5) dengan menerapkan secara ketat protokol Covid-19.

Dalam sambutannya, Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si menyampaikan, momentum Hari Raya Idul Fitri tak lepas dari tradisi halalbihalal yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Tradisi ini merupakan wadah silaturahmi untuk saling bermaaf-maafan serta menyambung kembali sesuatu yang sempat terputus.

“Pandemi Covid-19 yang melanda negara kita  setahun belakangan ini tidak dapat menghalangi kita untuk terus bersilaturahmi. Salah satunya melalui kegiatan halalbihalal yang saat ini kita lakukan secara virtual,”  tambahnya.

Adi Suryanto juga menuturkan, selama satu bulan lama berpuasa, tujuan kita untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta dan membuat kita semakin bertaqwa kepada Allah SWT. Untuk itu, semangatnya harus tetap dijaga guna meningkatkan kinerja ASN sebagai pelayan masyarakat.

“Kita sebagai pegawai LAN terus berikhtiar untuk menangani pandemi melalui berbagai kegiatan positif, antara lain melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga guna secara teratur, tujuannya meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, perlu juga ditunjang dengan kesehatan spiritual. Oleh karenanya, LAN menyelenggarakan Tausiah dan Doa Bersama setiap seminggu sekali yang dilaksanakan setiap hari Senin pagi dan wajib diikuti oleh seluruh pegawai” ungkapnya.

Tak hanya itu saja, Adi Suryanto menambahkan, di masa pandemi ini menjadi sarana kita untuk saling peduli sesama. Melalui program “Daun Pedas” (dana untuk peduli sesama), setiap pegawai mengumpulkan uang yang dikelola untuk disalurkan kepada saudara-saudara kita yang tertimpa kemalangan

“Dana yang terkumpul sebagian besar telah diserahkan kepada masyarakat yang tertimpa kemalangan, seperti korban banjir di Kalimantan Selatan, Gempa Bumi di Sulawesi Barat, dan terakhir kita membagikan paket sembako untuk masyarakat di Kabupaten Lebak, Banten” terangnya.

Terakhir Adi Suryanto mengatakan, momentum ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan semangat kita sebagai ASN untuk terus bekerja dan mengabdi bagi negeri.

Dalam kesempatan yang sama, Komisioner KASN yang juga Sekretaris Utama LAN periode 2016 sampai dengan 2019, Sri Hadiati W.K, MBA menyampaikan ucapan Selamat Idul Fitri 1442 H.

“Mohon maaf lahir dan batin, semoga puasa kita diterima Allah SWT dan dapat dipertemukan kembali pada Ramadhan tahun depan.” tambahnya.

Sementara itu, Kepala LAN periode 1990 sampai dengan 1998, Prof. JB Kristiadi mengapresiasi kiprah LAN bagi negeri, terutama dari segi kemanusiaan melalui penggalangan dana peduli sesama. “Saya harap ke depan, LAN akan terus menjadi instansi yang terus berkiprah bagi negeri terutama melalui pengembangan SDM aparatur,” harapnya.

Kegiatan Halalbihalal ini juga diisi oleh tausiyah dari Dosen UIN Jakarta yang juga pengasuh Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya, Ustadz Ahmad Tjahyana Nugraha. Selain itu kegiatan juga dihadiri oleh Kepala LAN periode sebelumnya yaitu Sunarno dan Dharma Wanita Persatuan LAN. Untuk peserta yang hadir secara luring dilakukan dengan protokol kesehatan  yang sangat ketat.

Scroll Up