Menu Close

Pelaksanaan Tes Penilaian Potensi di Lingkungan Kabupaten Sumedang dalam Rangka Meningkatkan Kapasitas ASN

Jatinangor – Kegiatan penilaian potensi di lingkungan Kabupaten (Kab.) Sumedang merupakan upaya yang berfokus pada peningkatan kapasitas ASN di Kab. Sumedang. Tujuannya untuk memberikan informasi masing-masing individu terkait dengan potensi yang dimilikinya. Kegiatan asesmen ini adalah upaya untuk penyusunan profil potensi yang dapat digunakan dalam berbagai hal, diantaranya perekrutan, penempatan, pengembangan SDM, promosi, rotasi berdasarkan kepentingan organisasi dan potensi yang ada di masing-masing ASN. Upaya pimpinan daerah sangat luar biasa, progress dalam beberapa tahun terakhir dalam mewujudkan visi SIMPATI (Sejahtera, agamis, maju, profesional dan kreatif) sudah mulai terlihat hasilnya. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Puslatbang PKASN LAN, Dr. Hari Nugraha, SE., MPM., pada pembukaan kegiatan Penilaian Potensi Jabatan Administrator, Pengawas, dan Pelaksana di lingkungan Pemerintah Kab. Sumedang, Jumat (16/4)

”Terlihat bahwa Kab. Sumedang mempunyai misi menata birokrasi pemerintahan yang bertanggung jawab dan profesional, dalam memastikan pelayanan terhadap publik agar berjalan dengan optimal.” jelasnya.

Hari juga menyampaikan kegiatan Penilaian Potensi ini adalah salah satu upaya bagaimana mewujudkan pengelolaan SDM yang nanti diarahkan berdasarkan sumber pengembangan SDM berbasis kompetensi. Upaya ini akan disupport maksimal dengan hasil seobjektif mungkin yang hasilnya akan memberikan peta potensi yang tepat bagi langkah berikutnya dalam mencapai merit system yang optimal.

“Bagi peserta, harap diingat bahwa ini bukan ujian, jadi diharapkan santai, enjoy, menikmati dan tanpa beban. Kegiatan Penilaian Potensi ini hanya mencermati potensi dari bapak ibu sekalian, oleh karenanya hasil nya bukan lulus atau tidak namun menjadi informasi bagi pimpinan sehingga memberikan kebijakan yang tepat untuk mengembangkan organisasi.” tambahnya.

Lebih lanjut, Hari Nugraha menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang dan jajarannya yang sudah bekerja sama dengan Puslatbang PKASN LAN. “Kami berbangga karena dapat berkolaborasi bersama-sama untuk upaya peningkatan kapasitas SDM di Sumedang. Kami berharap dapat memberikan nilai-nilai positif yang dapat memberikan dan meningkatkan kapasitas ASN yang ada di Kab. Sumedang.” tutupnya

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kab. Sumedang, Drs. H. Herman Suryatman, M.Si., mengungkapkan bahwa asesmen ini untuk peserta adalah rekreasi intelektual. “Satu hal yang perlu kita renungkan bahwa secara substansial kegiatan ini semata-mata untuk kepentingan organisasi. Tantangan ASN sangat berat, terutama menghadapi masa kini dan masa depan. Karena itu salah satu upaya untuk memastikan kompetensi ASN Kab. Sumedang optimal maka kita laksanakan asesmen ini.

Herman juga menyampaikan asesmen ini ada dua sisi, yang pertama untuk memotret potensi ASN sebagai bahan profiling potensi peserta asesmen sehingga pendayagunaannya tepat. Yang kedua, sebagai capacity building, meningkatkan kapasitas, sekaligus rekreasi intelektual.

“Karena jika dilakukan terus-menerus asesmen ini, maka akan bagus hasilnya. Pendayagunaannya evidence based. Kinerja organisasi akan optimal maka dapat menyelesaikan permasalahan.” tutupnya

Pada kesempatan itu hadir pula, Kepala Balai Layanan Pemetaan Kompetensi, Zulpikar, S.Sos., MM., JPT Pratama, Pejabat Administrasi dan Pejabat Fungsional di lingkungan Pemerintah Kab. Sumedang dan Puslatbang PKASN LAN. Serta Panitia penyelenggara dari BKPSDM Kab. Sumedang. Kegiatan Penilaian Potensi ini diikuti oleh 332 orang peserta dan dilaksanakan secara daring (online) menggunakan aplikasi berbasis teknologi informasi, e-Assessment. Kegiatan berlangsung selama 4 (empat) hari mulai tanggal 6-9 April 2021.

Skip to content