Menu Close

Dukung Penyusunan Roadmap Inovasi dan Rencana Induk Kelitbangan, LAN Terima Kunjungan Audiensi Pemerintah Daerah Kota Solok

Jakarta – Sebagai salah satu upaya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat, berbagai terobosan dan inovasi perlu untuk terus digali dan dikembangkan. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Adi Suryanto, M.Si dalam sambutannya, saat menerima kunjungan Audiensi Pemerintah Daerah Kota Solok dengan LAN di Ruang Rapat Pimpinan Kantor LAN, Jalan Veteran No.10, Jakarta, Rabu (17/3).

Kepala LAN juga menegaskan pentingnya mengasah sensitivitas dan kepekaan bagi setiap individu ASN/aparat terhadap berbagai permasalahan yang ada di masyarakat. Menurutnya, melalui pengalaman terjun dan melihat langsung kondisi di lapangan kondisi sesungguhnya di masyarakat dapat tergambar dengan lebih nyata dan diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi untuk mengembangkan berbagai terobosan dan inovasi.

“ASN perlu lebih sensitif, dengan adanya dorongan untuk berkegiatan sosial secara bergotong royong diharapkan akan mampu melihat cakrawala yang lebih luas. Ini juga bisa melatih kepekaan untuk melihat kondisi di lapangan seperti apa. Hal ini menjadi penting dalam proses pembelajaran,” jelasnya.

Adi Suryanto juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas berbagai torehan prestasi yang telah dicapai Kota Solok. Namun begitu, Ia berharap agar LAN pun juga senantiasa belajar dari apa yang telah dilakukan dan dicapai oleh pemerintah Kota Solok.

“Kita harus belajar juga dengan pemerintah Kota Solok. Meskipun kita tidak secara langsung melayani masyarakat, tentu terobosan-terobosan itu perlu dilakukan secara komprehensif. Kita bisa belajar mulai dari aspek fisik, aspek non-fisik, mentalitas juga perlu dibangun. Terobosan-terobosan yang dilakukan ini perlu komitmen dan perlu keseriusan dari hal yang kecil hingga hal yang besar,” tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Kota Solok H. Zul Elfian, S.H., M.Si menyampaikan bahwa saat ini jajarannya sedang menyusun sebuah Roadmap Inovasi serta Rencana Induk Kelitbangan yang nantinya diharapkan akan menjadi rujukan bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kota Solok dalam mengembangkan inovasi yang sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah serta arah penelitian dan pengembangan.

“Kami sedang menyusun Roadmap Inovasi dan Rencana Induk Kelitbangan melalui program Gerinda (Gerakan Inovasi Daerah). Secara filosofis, gerinda itu bisa mengasah yang tadinya kurang tajam menjadi tajam. Gerakan ini akan terus kita kembangkan sehingga Solok kedepannya tetap eksis dan bersemangat,” tambahnya.

Zul Elfian juga melaporkan bahwa melalui pendampingan laboratorium inovasi yang telah dilakukan LAN kepada Kota Solok, telah lahir 158 inovasi yang berhasil hingga tahap display. Selanjutnya, sebanyak 59 inovasi masih terus berjalan dan akan senantiasa dikawal keberlangsungannya demi kemajuan kota dan peningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Solok. Melalui berbagai inovasi yang telah dilahirkan tersebut, dalam 4 tahun terakhir angka kemiskinan pun berhasil ditekan secara signifikan dari 4.9 persen menjadi di bawah 1 persen (nomor 2 terendah di Sumatera Barat).

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Sekretaris Utama LAN, Dra. Reni Suzana, MPPM., Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara, Dr. Tri Widodo W.U., S.H., M.A, Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen Aparatur Sipil Negara, Dr. Agus Sudrajat, S.Sos., MA, Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara, Isti Heriani, MBA., Kepala Pusat Inovasi Manajemen Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara, Drs. Seno Hartono, DESS, Kepala Pusat Kajian Kebijakan Administrasi Negara, Widhi Novianto, S.Sos., M.Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Jefrizal dan Kepala Balitbang Kota Solok, Marwis. (humas) 

Skip to content