Menu Close

Tingkatkan Kualitas Kepemimpinan Nasional, LAN Sambut Kunjungan Studi Banding Lemhannas RI

Jakarta – Lembaga Administrasi Negara (LAN) menerima kunjungan studi banding dari Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) di Ruang Kelas A, Gedung A, Kantor LAN, Jakarta (9/3). Kegiatan studi banding yang dilakukan dalam rangka memperkuat kualitas kepemimpinan nasional tersebut  diterima oleh Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara LAN, Dr. Muhammad Taufiq, DEA.

Dalam sambutannya, Taufiq menyampaikan bahwa LAN menyambut baik kunjungan studi banding yang dilakukan oleh Lemhannas RI. Kesamaan peran yang dimiliki LAN dan Lemhannas RI untuk menciptakan kader-kader dan pimpinan-pimpinan nasional yang berkualitas dan profesional menuntut adanya harmonisasi dan sinergitas yang baik antara kedua lembaga tersebut.

“Melalui kegiatan studi banding ini, diharapkan kita bisa perkuat kerjasama dan komunikasi yang harmonis serta sinergis antara kedua belah pihak. Ke depannya, kerjasama yang dilakukan tidak hanya dalam hal pengembangan kompetensi, melainkan kerjasama yang lebih komprehensif,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Laboratorium Lemhannas RI, Suroto, S.T., M.AP., menyampaikan bahwa peranan Lemhannas RI sebagai lembaga pendidikan bagi kader pimpinan nasional dan lembaga penyelenggara pemantapan nilai-nilai kebangsaan menuntut adanya inovasi dan pengembangan yang senantiasa dilakukan. Oleh karena itu, Lemhannas RI melalui Pusat Laboratorium yang berfungsi melakukan pengukuran ketahanan nasional dan kepemimpinan nasional, akan membangun sistem statistik dan unit pengukuran kepemimpinan nasional. Diharapkan melalui kegiatan studi banding ini, LAN dapat memberikan data dan masukan terkait kepemimpinan nasional.

“Dalam merumuskan unit pengukuran kepemimpinan nasional tersebut, perlu ditetapkan aspek, variabel, dan indikator yang digunakan. Sehingga, untuk memperkaya dan mempertajam aspek dan indikator tersebut, maka dilakukan studi banding pengukuran kepemimpinan nasional ke LAN, yang salah satu tugasnya adalah untuk mendidik dan melatih para pimpinan Aparatur Negara,” tutupnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Pusat Pembinaan Program dan Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara, Erna Irawati, S.Sos., M.Pol.Adm., memberikan pemaparan yang komprehensif terkait Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat I, Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II, Pelatihan Kepemimpinan Administrator, dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas. Selain itu juga dipaparkan pula komitmen LAN dalam mendukung amanat Presiden RI Joko Widodo terkait Penyederhanaan Birokrasi, dimana saat ini ada penyetaraan jabatan administrasi, sehingga terdapat perubahan pada nomenklatur pengembangan kompetensinya. Terakhir, juga dipaparkan berbagai upaya adaptasi yang dilakukan oleh LAN di tengah kondisi Pandemi Covid-19, sehingga walaupun terbatas oleh situasi, pengembangan kompetensi tidak lantas terhenti.

Skip to content