Menu Close

Tandatangani Perjanjian Kerja Sama, LAN Dorong Sekretariat DPRD Kota Medan Tingkatkan Pelayanan

Jakarta – Lembaga Administrasi Negara (LAN) melalui Pusat Inovasi Manajemen Pengembangan Kompetensi ASN (Pimbangkom ASN) menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, bertempat di Gedung A, Kantor LAN, Jl Veteran Nomor 10, Jakarta Pusat, Rabu (3/2). Perjanjian Kerja Sama tentang Kegiatan Survei Kepuasan Stakeholders Pelayanan Sekretariat DPRD Kota Medan Tahun 2021 ini ditandatangani oleh Kepala Pimbangkom ASN, Drs. Seno Hartono, DESS dengan Plt. Sekretaris DPRD Kota Medan, Hj. Alida, S.H, dan disaksikan  Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen ASN LAN, Dr. Agus Sudrajat, MA , Ketua DPRD Kota Medan Hasyim, SE, dan Wakil Ketua I DPRD Kota Medan Ihwan Ritonga, SE., MM.

Dalam sambutannya, Agus Sudrajat menyampaikan bahwa berdasarkan hasil survei selama 2 tahun terakhir diketahui kualitas pelayanan sekretariat DPRD Kota Medan masih masuk dalam kriteria kurang baik. Untuk itu, Sekretariat DPRD Kota Medan terus melakukan upaya perbaikan dengan cara melahirkan inovasi sebagai solusi untuk memperbaiki kualitas pelayanannya.

“Apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 yang masih kita hadapi sampai saat ini, menuntut kita untuk lebih banyak melahirkan inovasi-inovasi baru dalam menyelenggarakan pelayanan kepada stakeholders. Mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus mengikuti dan bisa beradaptasi dengan pola kerja baru yang ditawarkan di era new normal” tambahnya.

Selanjutnya, Agus Sudrajat berharap hasil survei dan inovasi yang dikembangkan Sekretariat DPRD Kota Medan sejak tahun 2019 dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap para pimpinan dan anggota DPRD Kota Medan. Dengan begitu, fungsi sekretariat DPRD Kota Medan sebagai unsur pendukung dapat berjalan selaras dengan pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD Kota Medan.

“Tantangan yang kita hadapi ke depan semakin berat, perlu adanya kesadaran dan semangat yang lebih besar untuk memperbaiki kinerja kita selama ini. Semoga hubungan kerjasama ini bisa menjadi salah satu upaya awal kita untuk berubah menjadi lebih baik” tutup Agus Sudrajat.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim, SE mengapresiasi penandatanganan kerjasama dengan LAN. Sekaligus menaruh harapan besar terhadap perbaikan pelayanan Sekretariat DPRD Kota Medan terhadap stakeholder.

“Dengan survei kepuasaan pelayanan akan diketahui kinerja Sekretariat DPRD Kota Medan, dalam penyelenggaraan pelayanan secara periodik termasuk kekurangan dan kelemahan dalam setiap unsur. Untuk nantinya dapat diintervensi melalui inovasi-inovasi” ungkapnya.

Herman juga menambahkan, anggota DPRD memiliki latar belakang pendidikan yang beragam,  tentu hal ini berpengaruh terhadap persepsi dan tingkat pemahaman yang tidak merata terhadap suatu kebijakan. Untuk itu, dibutuhkan strategi dari Sekretariat DPRD Kota Medan, agar layanan yang diberikan dapat memuaskan pimpinan, anggota dan stakeholder lain.

“Terima kasih kepada LAN yang telah berkenan membantu dan melakukan pendampingan baik pelaksanaan survey maupun akselerasi inovasi. Meski saat ini kita semua masih di tengah situasi pandemi, harapan kami tidak mengurangi semangat kerja dari Sekretariat DPRD Kota Medan” tutupnya. (Humas)

Skip to content