Menu Close

Kepala LAN ajak Pimpinan dan Pegawai Saling Peduli di Masa Pandemi

Jakarta – Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr. Adi Suryanto, M.Si mengajak seluruh pimpinan dan pegawai saling peduli terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini. melalui Kegiatan “Pimpinan LAN Menyapa” yang diselenggarakan pada Selasa (19/1) secara daring, Kepala LAN mengatakan pentingnya setiap pimpinan untuk memperhatikan mobilitas pegawai, hal ini dilakukan guna memutus mata rantai Covid-19 di lingkungan kerja.

“Kegiatan ini sengaja kita lakukan untuk merenungkan kembali bahwa kita ini harus ada saling perhatian antar sesama teman-teman pegawai termasuk atasannya sehingga semuanya bisa termonitor dengan baik” jelasnya

Dalam kesempatan itu, Adi Suryanto mengungkapkan LAN telah mengambil kebijakan dalam menyikapi kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilaksanakan di Jakarta, dengan mengeluarkan Surat Edaran Nomor 1/K.1/HKM.02.3/2021 tentang Sistem Kerja Pegawai dan Penerapan Protokol CoronaVirus Disease 2019 secara lebih ketat. Dalam SE tersebut, dijelaskan bahwa pemberlakukan Sistem kerja Work (WFH) sebesar 75% pegawai di lingkungan LAN, menyikapi hal ini kepala LAN berpesan kepada pegawai untuk tetap dirumah dan tetap berkinerja, karena itu setiap pegawai perlu menentukan target-target kinerjanya.

“Saya berharap, dalam situasi pandemi saat ini, kita dapat membangun kebersamaan dan suasana positif dengan tetap menjaga kinerja setiap pegawai agar birokrasi kita tidak terganggu” tutur Adi

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Utama LAN, Dra. Reni Suzana, MPPM mengingatkan untuk tetap menjaga Imunitas tubuh dan selalu berpikir positif, saling memperhatikan sesama kolega sehingga produktivitas tetap terjaga.

Hal senada juga disampaikan Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara, Dr. Tri Widodo, MA, kantor merupakan keluarga kedua dimana kita saling memperhatikan satu sama lain, tidak hanya itu saja, WFH merupakan kesempatan kita untuk mengembangkan diri secara mandiri yang dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan organisasi.

“Menapaki tahun 2021 ini kita harus optimis dengan positive feeling dan positive mind, dengan bekal ini kita sebagai keluarga LAN akan mampu melakukan terobosan-terobosan besar bagi organisasi” tambahnya

Sementara itu, Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen ASN, Dr. Agus Sudrajat, M.Si mengatakan, kegiatan ini merupakan pertemuan langka yang sekiranya dapat dipertahankan, melalui kegiatan ini kita pimpinan dan pegawai dapat saling menumbuhkan empati serta memberikan semangat terhadap kolega kerja kita yang tengah mengalami kelemahan tubuh.

Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi, DR. Basseng, M.Ed Menambahkan, di awal tahun 2021 ini kita mengalami tantangan yang lebih besar lagi, seperti kita ketahui di awal tahun ini kita telah disambut oleh berbagai bencana yang melanda Indonesia. Berbagai peristiwa ini perlu kita maknai secara positif yang merupakan cara Tuhan untuk meningkatkan kelas individu yang lebih baik lagi, tuturnya.

Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur, Dr. Muhammad Taufiq, Dea juga menuturkan pandemi Covid-19 adalah Window of Opportunity yang merupakan momen untuk melakukan penataan diri dan organisasi dalam berbagai aspek sehingga kita dapat reborn menjadi organisasi yang lebih baik.

“Ini juga merupakan sebuah momen untuk mengembangkan diri, potensi diri serta talenta yang dimiliki untuk menciptakan berbagai inovasi dan terobosan-terobosan baru yang memiliki dampak bagi organisasi.” tambah Taufiq

Dalam kesempatan itu pula para pimpinan LAN mendengarkan berbagai aspirasi dari pegawai yang menjadi penyintas Covid-19, mereka berterima kasih terhadap pimpinan yang terus memberikan support dan perhatiannya, serta kepada garda terdepan dalam penanganan Covid-19 atas kinerjanya serta dukungan vitamin serta obat-obatan bagi mereka.

Mereka berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan, sampai masa pandemi berakhir nanti.

Kegiatan “Pimpinan LAN Menyapa” pada kali ini dibagi menjadi 3 sesi yang dihadiri oleh seluruh pegawai di lingkungan Kedeputian Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara, Kedeputian Kajian dan Inovasi Manajemen ASN, dan Kedeputian Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN.

Skip to content