Menu Close

Tingkatkan Literasi ASN, Dosen dan Mahasiswa, Politeknik STIA LAN Jakarta Lakukan Kerjasama Dengan Perpusnas RI

Jakarta – Lembaga Administrasi Negara (LAN) melalui Politeknik STIA LAN Jakarta terus berkomitmen meningkatkan literasi untuk ASN, Dosen dan Mahasiswa di lingkungannya melalui pengembangan pengelolaan perpustakaan yang saat ini terus mengembangkan literasi digital. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Utama LAN, Dra Reni Suzana Dra Reni Suzana, MPPM saat menyaksikan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Politeknik STIA LAN Jakarta  yang diwakili Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta, Prof. Dr. Nurliah Nurdin, MA dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI yang diwakili Sekretaris Utama Perpusnas RI, Dra. Woro Tri Haryanti, MA, bertempat di Kampus Politeknik STIA LAN Jakarta, Pejompongan, Selasa (19/1).

“Kerjasama ini sangat strategis untuk menyongsong era digital dan era keterpaduan dan sinergi antar entitas publik. Meningkatkan literasi ASN, Dosen, dan Mahasiswa melalui pengembangan pengelolaan perpustakaan, serta meningkatkan kolaborasi dan manfaat dari penyediaan layanan perpustakaan, pemagangan, dan pendidikan antara Perpusnas RI dengan Politeknik STIA LAN Jakarta.” Tambah Reni Suzana.

Reni Suzana juga mengungkapkan kolaborasi dengan Perpusnas dibutuhkan untuk mewujudkan tujuan bersama. Dia mendorong agar setelah penandatanganan, program kerja sama yang potensial bisa segera dilaksanakan.

“Selain menindaklanjuti kerja sama, banyak program di Perpusnas yang bisa kita copy paste, kita adaptasi, dan sebagainya. Di sana ada iPusnas, kemudian juga banyak sekali referensi dan program-program di Perpusnas RI yang bisa kita manfaatkan dan kerja samakan. Saya berharap agar kerja sama ini melahirkan kegiatan yang banyak memberikan manfaat bagi seluruh pihak, baik mahasiswa, dosen, maupun masyarakat sekitar.” tutup Reni Suzana

Pada kesempatan yang sama Sekretaris Utama Perpusnas Dra. Woro Tri Haryanti, MA, menyampaikan hal-hal yang dilaksanakan dalam kerja sama ini meliputi pemanfaatan keanggotaan Perpusnas RI, pemanfaatan koleksi elektronik seperti iPusnas, jurnal elektronik e-Resources, dan laman Khastara, pertukaran data dan informasi/koleksi, pengembangan sumber daya manusia di setiap instansi, serta pengembangan dalam bidang layanan perpustakaan. Selain itu, Politeknik STIA LAN Jakarta diajak untuk bergabung dengan repositori perpustakaan seluruh Indonesia, Indonesia OneSearch (IOS).

Woro Titi juga mengajak pegawai di Politeknik STIA LAN Jakarta untuk menjadi fungsional pustakawan. Apalagi saat ini, ujar Woro, para pegawai diarahkan menjadi pejabat fungsional. Perpusnas akan memfasilitasi pelatihan pustakawan.

Kegiatan ini juga diawali dengan pelayanan pembuatan kartu anggota Perpusnas RI yang diikuti oleh Dosen, Mahasiswa dan Pegawai Politeknik STIA LAN Jakarta. Nantinya, Kartu  Tanda Mahasiswa (KTM) Politeknik STIA LAN Jakarta ini akan terintegrasi dan multifungsi sebagai Kartu Perpusnas serta E Money yang  bukan hanya akan memudahkan mahasiswa dalan pembayaran kereta,bus, dan jalan tol, tapi juga menjadi Kartu Cerdas karena dapat menggunakan KTM tersebut sebagai akses ke semua e-book dan buku Perpusnas RI. (humas)

Skip to content