Menu Close

Politeknik STIA LAN Jakarta Gelar Puncak Peringatan Dies Natalis Ke-60 Secara Daring

Jakarta – Pergeseran paradigma bidang ilmu administrasi akibat pandemi global Covid-19 menyebabkan birokrasi di segala sektor dituntut untuk mencari cara baru dan bekerja di luar kebiasaan yang telah mapan sebelumnya. Birokrasi dituntut untuk bekerja dengan cara luar biasa di masa adaptasi kebiasaan baru. Hal tersebut disampaikan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr Adi Suryanto, M.Si yang diwakili Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi LAN Dr. Muhammad Taufik, DEA pada Webinar “Pasar Kerja, ASN Unggul dan Tantangan Ilmu Administrasi dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru” yang merupakan Puncak Peringatan Dies Natalis Ke-60 Politeknik STIA LAN, Rabu (30/12).

“Tema webinar pada hari ini sangat sesuai dengan dinamika global governance yang sangat fluktuatif. Pandemi global Covid-19 telah merubah tatanan kehidupan di segala lini. Pembatasan aktivitas ekonomi memberikan risiko depresi finansial. Pasar kerja dihantam berbagai gejolak ketidakpastian. The shifting paradigm bidang ilmu administrasi telah membawa birokrasi memasuki era digital governance. Alhasil, birokrasi di segala sektor dituntut untuk bekerja dengan cara luar biasa di masa adaptasi kebiasaan baru,” jelasnya.

Senada dengan hal tersebut, Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta, Prof. Dr. Nurliah Nurdin juga mengamini bahwa melalui pandemi ini kita dipaksa untuk berinovasi. Cara baru pun harus dilakukan, bukan hanya oleh ASN, tetapi juga para mahasiswa diminta agar senantiasa aktif menggali informasi dari berbagai sumber.

“Bukan hanya ASN, tetapi yang sedang belajar pun tidak bisa hanya mengandalkan studi di dalam kelas. Ini harus menjadi momentum. Kita harus terus berupaya meningkatkan kinerja dan kompetensi. Saat ini, anda ditantang untuk melakukan self development atau pengembangan profesionalitas secara mandiri. Membangun jejaring kolaborasi pun diperlukan untuk dapat saling mendukung dan menguatkan di masa pandemi,” tambahnya.

Momen transformasi STIA LAN menjadi Politeknik STIA LAN pun disoroti oleh Direktur Politeknik STIA LAN Makassar, Prof. Amir Imbarudin, Ph.D yang didapuk menjadi salah satu narasumber pada webinar kali ini. Amir menekankan bahwa momen transformasi dari STIA LAN menjadi Politeknik STIA LAN harus dimanfaatkan seoptimal mungkin dalam rangka mendidik kader-kader generasi bangsa yang mampu menjadi pelayanan masyarakat, perekat dan pemersatu bangsa.

“Pandemi covid-19 yang saat ini sedang berlangsung tidak boleh menghalangi upaya transformasi tersebut, bahkan lebih mendorong transformasi agar berlangsung lebih cepat dan lebih smooth, melalui berbagai kegiatan Tridharma perguruan tinggi,” jelasnya.

Sejalan dengan Amir, Direktur Politeknik STIA LAN Bandung, Dr. Joni Dawud, DEA menyampaikan, dalam rangka menghadapi era yang penuh dengan ketidakpastian, kompleks, kebingungan dan ambiguitas ini, generasi muda harus mempersiapkan diri sebaik mungkin menghadapi era disrupsi tersebut termasuk meningkatkan kompetensi dalam hal literasi teknologi.

“Ketidakpastian, kompleksitas, kebingungan, dan ambiguitas (Volatile, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity) atau era VUCA sangat mewarnai dunia kerja saat ini. Untuk itu, generasi muda harus mempersiapkan dirinya sebaik mungkin menghadapi era disrupsi tersebut. Pasar tenaga kerja saat ini sangat menuntut penguasaan teknologi, maka para mahasiswa pun harus diperkuat dengan penguasaan dan literasi teknologi agar tidak tertinggal dan mampu beradaptasi dengan kebiasaan baru yang muncul,” tutupnya.

Pada kegiatan Dies Natalis ke-60 ini, dilaksanakan pula kegiatan tasyakuran berupa potong tumpeng dan aksi pentas seni yang disampaikan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara Mahasiswa, Theater, dan persembahan solo vocal dari mahasiswa. Kegiatan Dies Natalis ke-60 Politeknik STIA LAN diharapkan menjadi ajang refleksi diri perguruan tinggi yang bernaung di bawah pengelolaan LAN ini, agar dapat lebih bersaing dan meningkatkan mutu dan prestasinya di kancah nasional dan internasional. (humas)

Scroll Up