Menu Close

Lahirkan Promotor Perubahan, LAN Lepas Peserta PKN Tingkat I Angkatan XLVII

Jakarta – Syarat utama sebuah negara demokrasi modern untuk dapat merealisasikan cita-citanya memakmurkan dan mensejahterakan rakyatnya adalah dengan memastikan pemerintahannya dikelola secara baik. Hal tersebut disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB), Tjahjo Kumolo, S.H., didampingi oleh Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr. Adi Suryanto, M.Si., pada Upacara Pelepasan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I Angkatan XLVII Tahun 2020 di Gedung A Lantai 2 Aula Prof. Dr. Agus Dwiyanto, MPA, Kantor LAN, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (8/12).

“Untuk bisa mentransformasi birokrasi menjadi semakin baik, ada 4 pekerjaan utama yang harus dilakukan, yakni transformasi budaya, reformasi struktural, reformasi regulasi, dan reformasi digital. Transformasi digital sebagai pengikat ketiganya. Akan sangat ideal jika keempat hal tersebut dilakukan secara bersamaan”, tambahnya.

Selanjutnya, Menteri PANRB menyampaikan apresiasi kepada para peserta PKN Tingkat I Angkatan XLVII yang telah bersungguh-sungguh dengan komitmennya menyusun Proyek Perubahan yang  sebagian besar merupakan inovasi yang terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi/digitalisasi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala LAN melaporkan penyelenggaraan PKN Tingkat I Angkatan XLVII yang terdiri dari 41 peserta berasal dari Kementerian, Lembaga, Kepolisian dan Pemerintah Daerah Provinsi. Hingga penutupan dilaporkan 40 peserta dinyatakan lulus dan 1 orang mengundurkan diri.

“Pembelajaran PKN Tingkat I bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kepemimpinan kolaboratif pada JPT Madya yang dapat memobilisasi seluruh potensi pemerintah dan masyarakat, guna meningkatkan daya saing bangsa dan percepatan pembangunan nasional secara adil dan merata”, ungkapnya.

Lebih lanjut Kepala LAN mengatakan bahwa program Pelatihan Kepemimpinan ASN tertinggi, peserta PKN Tingkat I memiliki kekhasan yaitu sumbangsih pemikiran terhadap isu strategis bangsa dalam bentuk perumusan policy brief, sesuai dengan tema PKN Tingkat I Angkatan XLVII yaitu “Pemulihan Pariwisata Indonesia di Era New Normal”. Dari tema tersebut selanjutnya disusun Policy Brief dengan judul “Rekayasa Sosial Dalam Pemulihan Pariwisata Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru”. 

Pada kesempatan tersebut, Adi Suryanto juga membacakan 5 peserta terbaik dengan predikat ‘Sangat Memuaskan’, sebagai berikut:

1. Dr. Margo Yuwono, S.Si, M.Si. – Badan Pusat Statistik,

2. Arnapi, SH, SIK, M.Hum – Kepolisian Negara Republik Indonesia,

3. Dewi Chomistriana, ST., M.Sc. – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,

4. Erfi Muthmainah, S.S., M.A. – Lembaga Administrasi Negara,

5. Reni Ahiantini, ST., M.Sc. – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

#lanuntuknegeri

(humas)

Skip to content