Menu Close

Puslatbang KHAN Gelar “Workshop Penyelenggaraan Pelatihan Secara Daring Pada Masa Pandemi”

Aceh – Menghadapi masa Pandemi Covid-19 ini pemerintah telah menerapkan kebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal). Begitu juga halnya dengan Program Pengembangan Kompetensi ASN, juga dihadapkan pada tantangan untuk mampu beradaptasi. LAN sebagai instansi yang diamanatkan sebagai instansi pembina penyelenggaraan pengembangan kompetensi ASN juga bertanggung jawab medorong kesiapan lembaga pengelolaan program pengembangan kompetensi khususnya di era New Normal ini. Untuk itu, Puslatbang KHAN sebagai salah satu unit kerja LAN ingin mendorong dan memastikan lembaga pengelola pelatihan di daerah juga memiliki kesiapan dalam menghadapai situasi pandem. Hal tersebut disampaikan Kepala Puslatbang KHAN, Ir, Faizal Adriansyah, M.Si saat membuka “Workshop Penyelenggaraan Pelatihan Secara Daring Pada Masa Pandemi”, di Gedung B, Ruang Mini Theater Puslatbang KHANSenin (2/12)

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Puslatbang KHAN, Ir, Faizal Adriansyah, M.Si yang dihadiri oleh BPSDM/BKPSDM yang berasal dari Provinsi Aceh, Sumatera Barat, dan Riau, Kabupaten/Kota di Aceh sebanyak 25 orang. Acara berlangsung di Gedung B, Ruang Mini Theater Puslatbang KHAN dengan menerapkan protokol kesehatan, dan sebagian peserta juga bergabung secara virtual.

“LAN telah mengeluarkan berbagai kebijakan dalam pengelolaan pengembangan kompetensi ASN guna menyiapkan dan mendukung proses adaptasi kebiasan baru khususnya terhadap menerapkan metode pembelajaran secara daring.” tambah Faizal.

Faizal juga menyebutkan bahwa dalam tataran implementasikan tidak semua lembaga pengelola program pengembangan kompetensi memiliki kesiapan, baik dari aspek sarana prasarana, sumber daya manusia maupun berbagai aspek lain termasuk perubahan kebijakan pengelolaan anggaran. Harapannya melalui forum workshop ini, akan terbangun satu pemahaman dan pengetahuan yang lebih baik bagi dalam mengelola program pengembangan kompetensi khususnya pelatihan secara daring.

“Forum workshop ini kita design tidak hanya sebatas mengupdate berbagai regulasi terkait pengelolaan pelatihan secara daring oleh beberapa narasumber dari LAN Pusat, namun pada tataran implementasi kami, dari Puslatbang KHAN juga ingin berbagi pengalaman langsung dalam tataran praktek, khususnya pemanfaatan berbagai sarana teknologi informasi dalam pengelolaan pelatihan secara daring. Khususnya pengelolaan pelatihan kepemimpinan dan pelatihan dasar yang sudah dilaksanakan oleh Puslatbang KHAN” ungkapnya.

Kegiatan yang diikuti oleh BPSDM/BKPSDM yang berasal dari Provinsi Aceh, Sumatera Barat, dan Riau, Kabupaten/Kota di Aceh sebanyak 25 orang menghadirkan beberapa narasumber secara virtual, yaitu Kepala P3K Bangkom ASN LAN Erna Irawati, S.Sos., M.Pol. Adm yang menyampaikan materi “Kebijakan Pengembangan Kompetensi Pada Masa Pandemi COVID-19”  dan Kepala Pusbangkom TSK ASN LAN Caca Syahroni, S.IP, M.Si. yang menyampaikan materi “Manajemen Pelatihan Pada Masa Pandemi COVID-19”

Pada Hari ke-2 diagendakan beberapa sharing pengalaman langsung dari proses penyelenggaraan pelatihan secara daring di Puslatbang KHAN kepada peserta, sebagai sebuah sharing knowledge khususnya dari aspek pemanfaatan Teknologi Infomasi, sebagai salah satu sarana pendukung pembelajaran secara daring. (Humas Puslatbang KHAN)

Scroll Up