Menu Close

LAN Lakukan Pemetaan Kompetensi Pegawai Ombudsman RI

Bandung – Di era seperti sekarang, ASN menempati posisi sangat penting dalam mewujudkan ASN Unggul yang mampu menjawab tantangan bangsa. Sudah banyak kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah yang menitikberatkan ASN sebagai suatu asset. Untuk itu dilakukan manajemen talenta untuk mengukur dan merencakan pengembangan pegawai. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Utama LAN, Dra. Reni Suzanna, MPPM pada Pembukaan Kegiatan Pemetaan Potensi dalam rangka Talent Pool di lingkungan Ombudsman RI yang dilakukan secara virtual, Selasa (24/11).

“Melalui kegiatan ini kita dapat melihat niat baik dari Ombudsman RI dalam menjadikan ASN-nya sebagai sebuah Aset penting dari organisasi. ASN ini juga yang akan mendukung ORI dalam menjawab tantangan yang sangat tinggi karena kepercayaan pemerintah kepada ORI juga sangat tinggi sebagai lembaga yang mengawasi bagaimana pelayanan publik di Indonesia dapat berjalan dengan baik.” tambah Reni

Lebih lanjut Reni menyampaikan LAN melalui Balai Layanan Pemetaan Kompetensi telah melakukan penyesuaian di tengah pandemic seperti saat ini sehingga kegiatan pemetaan potensi dilakukan melalui proses daring (online). Sebagai informasi tambahan bahwa LAN sudah menerima akreditasi penyelenggara penilaian kompetensi dari BKN dengan nilai A (sangat baik).

“Terakhir kami sampaikan ucapan terimakasih kepada Ombudsman RI yang telah mempercayakan kegiatan Pemetaan Potensi kepada kami. Ini merupakan salah satu wujud tindak lanjut kerjasama yang sudah dibangun antara LAN dan Ombudsman RI sehingga kegiatan pemetaan potensi ini dapat dilaksanakan.” tutup Reni.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Ombudsman RI, Dr. Suganda Pandapotan Pasaribu A.P., M.Si, menyampaikan pesan kepada para peserta untuk mengikuti kegiatan pemetaan potensi ini secara santai tapi serius, tidak perlu tegang, agar dapat mengoptimalkan potensi-potensi yang ada. Kegiatan pemetaan potensi dilakukan untuk memetakan potensi-potensi ASN Ombudsman RI agar kedepannya ORI tidak hanya di pusat akan tetapi di 34 perwakilan dapat menjadi lebih besar dan siap menjawab tantangan organisasi yang semakin berat.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada LAN yang telah bersedia memfasilitasi kegiatan Pemetaan Potensi dan berharap LAN bersedia untuk memfasilitasi kembali kegiatan-kegiatan penilaian potensi dan pendidikan pelatihan yang akan diselenggarakan di tahun 2021” tutupnya.

Kegiatan Penilaian Potensi dalam rangka Talent Pool di lingkungan Ombudsman RI dilaksanakan selama 3 hari, 24-26 November 2020 dan diikuti oleh 169 peserta yang merupakan gabungan dari Ombudsman Pusat dan 34 Perwakilan Ombudsman. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui aplikasi e-Assessment yang dapat diakses oleh peserta menggunakan perangkat masing-masing. (humas)

Skip to content