Menu Close

Pimpinan Harus Menjadi Agen Perubahan Sekaligus Penggerak Utama Birokrasi

Jakarta – Pimpinan sektor publik tidak hanya menjadi agen-agen perubahan (agent of change) dalam organisasi tetapi juga harus menjadi motor penggerak utama birokrasi yang mampu mewujudkan birokrasi berkelas dunia (world class bureaucracy). Hal tersebut disampaikan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Adi Suryanto, M.Si pada Pelepasan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan VII Tahun 2020 yang diselenggarakan secara virtual, Jumat (7/8).

“menjadi birokrasi berkelas dunia bukanlah hal mudah, karena memerlukan beragam upaya dan dorongan yang optimal dari berbagai pihak. Terutama aparatur sipil negara (ASN) berkualitas dan mampu menunjukkan jika birokrasi Indonesia mampu bersaing di dengan negara lain.” ungkap Adi

Adi juga menyampaikan, saat ini persaingan bukanlah antara negara besar dan negara kecil, namun negara cepat dan negara lambat. Oleh karena itu birokrasi dituntut harus cepat menghadapi dinamika yang ada, ASN terutama pimpinan harus cepat beradaptasi dengan lingkungan saat ini.

“Disinilah peran seorang pemimpin sektor publik sebagai motor penggerak di dalam setiap perubahan, dengan cara ini kita tidak hanya sekedar menjadi agen perubahan tetapi dapat menjadi champion inovasi dalam birokrasi sehingga dapat membawa bangsa ini menjadi jajaran Negara maju dan mampu bersaing dengan negara lain.” lanjut Adi

Tidak hanya itu saja, dalam kontek pemimpin organisasi, seorang pemimpin harus menjadi motivator dalam sebuah pembelajaran dan pengembangan kompetensi, dalam proses bagaimana menumbuh kembangkan inovasi sektor publik dan membangun nilai integritas yang tinggi.

“Saya berharap peserta PKN II angkatan VII dapat menjadi pimpinan strategis yang mampu membawa dan membangun agen perubahan yang lain, pemimpin harus dapat mengajak stakeholders untuk melakukan perubahan di unit kerja nya masing masing, karena peran kita sebagai pimpinan dapat men-drive orang lain dalam membawa birokrasi yang berkelas dunia,” tutupnya.

Dalam kesempatan ini juga diumumkan 5 peserta PKN Tingkat II angkatan VII yang mendapatkan predikat sangat memuaskan yaitu :

1.       IGN. Ngurah Bagus Kusuma Dewa, S.Si., Apt, MPPM (BPOM)

2.       Ir. Kristedjo Kurnianto, M.Sc  (Badan Tenaga Nuklir Nasional)

3.       Prof. Dr. Nurliah Nurdin, S.Sos., M.A. (Lembaga Administrasi Negara)

4.       Herban Heryandana, S.Hut., M.Sc  (Kementerian Ligkungan Hidup dan Kehutanan)

5.       Ir. Netty Muharni, MURP (Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian)

Skip to content