Menu Close

Lolos Seleksi Administrasi, Tujuh Peserta Seleksi Terbuka Calon Kepala LAN Ikuti Tahap Penyusunan Policy Brief 

Jakarta – Setelah dilakukan proses validasi oleh Panitia Seleksi (pansel) Terbuka Calon Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN),  dinyatakan memenuhi syarat administrasi dan dapat mengikuti tahapan penyusunan policy brief yang dilaksanakan di Ruang Laboratorium Komputer, Kampus Politeknik STIA LAN Jakarta, Senin (7/10).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Pansel, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi, Ph.D menyampaikan selamat kepada 7 pelamar calon Kepala LAN, telah berhasil sampai pada tahapan penyusunan policy brief yang merupakan tahapan untuk menilai kemampuan analisis dari berbagai aspek strategis guna memberikan saran dan rekomendasi kebijakan.

“Adapun pansel telah menyiapkan tiga tema yang akan dikerjakan oleh peserta yang berkaitan dengan aspek penting dari visi dan misi LAN di masa yang akan datang, diantaranya pertama, transformasi LAN dalam menghadapi tantangan dan kompetisi global, tema ini menuntut peserta mampu memikirkan bagaimana LAN dapat bertransformasi menjadi lembaga yang lebih tangguh, adaptif dan inovatif dalam menghadapi tantangan global,” ungkap Anwar.

Anwar Sanusi melanjutkan, tema kedua adalah LAN sebagai centre of excellence menuju Indonesia Emas 2045, tema ini mengarahkan pada bagaimana LAN dapat memainkan peran sentral dalam mendukung visi indonesia emas 2045 untuk menjadi motor penggerak transformasi administrasi negara, dan tema terakhir berkaitan dengan transformasi LAN sebagai mitra strategis peningkatan kualitas SDM aparatur dan kebijakan publik.

”Ketiga tema ini akan diundi secara acak sehingga dapat memberikan kesempatan yang adil bagi setiap peserta untuk menuangkan gagasan, ide, pandangan serta solusi terkait tema-tema tersebut”, ujarnya.

Anwar Sanusi juga menambahkan, ketiga tema tersebut juga memiliki tantangannya masing-masing, setiap policy brief yang dihasilkan diharapkan memiliki basis data yang komprehensif sehingga mampu memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan peran LAN di kancah nasional maupun global.

Sementara itu, Sekretaris Utama LAN, Dra. Reni Suzana, MPPM menyampaikan, para peserta calon Kepala LAN ini merupakan individu-individu terbaik yang akan siap membawa LAN ke arah yang lebih baik serta senantiasa memiliki komitmen dan dedikasi yang tinggi dalam berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

Adapun tujuh peserta yang mengikuti tahap penyusunan policy brief yaitu:

  1. Dr. Muhammad Taufiq, DEA (Lembaga Administrasi Negara)
  2. Prof. Dr. Eng. Agus Haryono (Badan Riset dan Inovasi Nasional)
  3. Bailah, S.Si., Apt., M.Ssi (PPSDM Kementerian Dalam Negeri Regional Bandung)
  4. Prof. Budi Setiyono, S.So, M.Pol. Admin, Phd (Universitas Diponegoro)
  5. Cahya Hardianto Harefa, S.E., Ak., M.B.A., CPS., CA (Komisi Pemberantasan Korupsi)
  6. Dr. Suganda Pandapotan Pasaribu, Ap., M.Si (Ombudsman Republik Indonesia)
  7. Dr. Yopi (Badan Riset dan Inovasi Nasional)

 

Skip to content