Menu Close

Peserta PKN II Angkatan IX Tahun 2024 Jalani Rangkaian Penilaian Akhir, Mini Expo dan Seminar Policy Brief

SAMARINDA – Mewakili Pj. Gubernur Kaltim, Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Dra. Sri Wahyuni, MPP resmi membuka Mini Expo Proyek Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan IX Tahun 2024  di halaman depan gedung kantor Puslatbang KDOD LAN, Selasa (24/9).
Dalam sambutannya, Sri menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu contoh dari ekosistem yang kondusif yang dibutuhkan untuk melahirkan sebuah inovasi. “Kita harus terus memfasilitasi kerja sama antar stakeholders, memperkuat multiple helix, memperkuat kolaborasi, maka karya-karya para innovaor tidak berhenti menjadi sebatas prototipe saja, tetapi berlanjut diproduksi secara massal, bergerak ke arah investas komersial” ujar Sri. Menurut Sri, manfaatnya sangatlah besar dan bukan hanya untuk mengatasi masalah-masalah dalam masyarakat, tetapi juga bisa memberikan nilai tambah bagi perekonomian nasional, termasuk penciptaan lapangan kerja baru. Dalam urusan penyelenggaraan pemerintahan di daerah, Sri mengatakan membutuhkan lebih banyak lagi innovator di berbagai sektor yang sangat dibutuhkan masyarakat, seperti pangan, energi, kesehatan, termasuk inovasi dalam manajemen, model bisnis, dan digitalpreneurs. “Karena itu saya mengajak para innovator untuk dapat memberikan sumbangsih bagi kemajuan bangsa dan negara, serta berkontribusi bagi kemanusiaan dan kehidupan yang lebih baik” tutur Sri lagi.
.
Kegiatan Mini Expo ini dilaporkan oleh Kepala Puslatbang KDOD LAN Dr. Muhammad Aswad, M.Si merupakan merupakan Evaluasi Implementasi Proyek Perubahan yang memfasilitasi peserta untuk menunjukkan penguasaan implementasi perubaham atau inovasi yang telah dilaksanakan, untuk dinilai oleh tim evaluator. “Tiga aspek yang dititikberatkan dalam penilaiannya adalah capaian tahapan rencana strategis, implementasi strategi marketing, dan pemberdayaan organisasi pembelajaran” jelas Rahmat. “Tentu saja kami juga berharap agar seluruh inovasi yang dilahirkan oleh para peserta, dapat bermanfaat bagi masyarakat luas, yang tentu juga akan bermanfaat bagi akselerasi pembangunan negara Indonesia” lanjut Aswad lagi.
.
Setelah prosesi pemotongan pita yang menandakan dibukanya secara resmi Mini Expo Proyek Perubahan Peserta PKN Tingkat II Angkatan IX Tahun 2024 ini, kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan Booth dari 58 orang peserta oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim, Kepala Puslatbang KDOD LAN beserta Coach, Mentor, dan juga Narasumber. Selanjutnya, para peserta memasuki ruang Seminar masing-masing untuk mempresentasikan Proyek Perubahannya di hadapan para Coach, Mentor, dan juga Narasumber. Kegiatan Mini Expo Proyek Perubahan ini akan dilaksanakan selama dua hari ke depan atau akan berakhir pada tanggal 25 September 2024.
.
Selanjutnya, masih dalam rangkaian penilaian akhir, pada hari ini, Rabu (25/9) di Ruang Auditorium Puslatbang KDOD LAN juga diselenggarakan Seminar Policy Brief yang dihasilkan oleh seluruh peserta dengan tema Transformasi Kebijakan Pembangunan Ekonomi yang Berkelanjutan dalam Rangka Percepatan Pengentasan Kemiskinan. Kegiatan ini menghadirkan dua orang narasumber para akademisi dari Universitas Mulawarman, yaitu Prof. Dr. Masjaya, M.Si dan Dr. Zainal Abidin, SE., MM. (ler/ler)
Skip to content