Menu Close

PKP Angkatan IV Tahun 2024 Resmi Dibuka, Kepala Puslatbang KDOD LAN Tekan Seluruh Peserta Menjadi Orang Waras

SAMARINDA – “Albert Einstein mengatakan bahwa ‘Insanity is doing the same thing over and over again but expecting different results. Artinya, orang yang tidak waras adalah orang yang melakukan hal yang sama berulang-ulang kali dan terus menerus, namun mengharapkan hal yang berbeda. Ini berarti, anda jangan menjadi orang yang tidak waras. Kalau ingin hasil yang berbeda dan lebih baik, maka usaha yang dilakukan juga harus lebih baik lagi” ujar Kepala Puslatbang KDOD LAN Muhammad Aswad saat membuka secara resmi Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan IV Tahun 2024 di Ruang Auditorium Puslatbang KDOD LAN, Senin (9/9). Aswad juga mengatakan bahwa upaya maksimal dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti seluruh proses pembelajaran ini tentu saja akan diikuti dengan hasil yang maksimal pula.
.
Lebih lanjut Aswad juga menyampaikan bahwa pelatihan kepemimpinan ini akan semakin prestisius dikarenakan saat ini telah dibahas Peraturan Presiden yang nantinya akan mengharuskan seluruh ASN untuk dididik terlebih dahulu sebelum didudukkan dalam sebuah posisi atau jabatan. Oleh karena itu, Aswad mengajak para peserta yang seluruhnya berasal dari Pemerintah Kota Bontang ini untuk bersama-sama berupaya maksimal dalam pelatihan ini, sebagai bentuk kesyukuran karena telah terpilih menjadi peserta dalam pelatihan ini. “Tidak semua ASN yang ada di Bontang seberuntung anda untuk bisa terpilih mengikuti pelatihan ini. Sebagai sebuah proses dalam mendidik ASN-ASN di Pemerintah Kota Bontang menjadi lebih professional, maka jadikan momentum ini sebagai sebuah upaya dalam pengembangan diri, agar dapat berhasil dalam pelatihan ini, sehingga dapat kembali ke instansi masing-masing nantinya untuk lebih meningkatkan kinerja organisasi” tegas Aswad lagi.
.
Hadir mewakili Walikota Bontang, Sekretaris Daerah Kota Bontang Aji Erlynawati yang dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresisasi kepada Puslatbang KDOD LAN yang selalu siap untuk menjadi partner Pemerintah Kota Bontang dalam pengembangan kompetensi para ASN-nya. Aji mengatakan bahwa dengan tantangan birokrasi dan layanan pemerintahan di masa depan semakin berat, maka masyarakat juga pastinya akan menuntut layanan yang semakin prima. Untuk itu, sebagai seorang pejabat pengawas, harus bisa memberikan contoh pada bawahannya dengan melaksanakan tugas dan kewajiba secara konsisten dan berintegritas. “Label pemimpin adalah bagi mereka yang melakukan transformasi perubahan. Kepemimpinan sendiri dibutuhkan hanya apabila perlu adanya sebuah perubahan atau inovasi. Ini artinya, tugas utama seorang pemimpin adalah melakukan perubahan. Walaupun tidak mudah, tetapi hal ini sangat dibutuhkan bagi pemangku jabatan pengawas, yang salah satunya adalah melalui pelatihan ini” jelas Aji.
.
Senada dengan Aji, Aswad di akhir sambutannya juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kota Bontang yang selalu mempercayakan Puslatbang KDOD LAN sebagai salah satu mitra strategis dalam hal pengembangan kompetensi bagi para ASN-nya. “Jadilah anda independent people, jadilah orang sukses yang tidak menggantungkan suksesnya kepada orang lain, namun kepada diri sendiri” tutup Aswad. (ler/ler)
Skip to content