Menu Close

Audit Internal di Puslatbang KDOD, Untuk Akuntabilitas Yang Lebih Baik

SAMARINDA – Untuk menjalankan fungsinya sebagai Aparat pengawasan Intern Pemerintah (APIP), awal bulan September ini Inspektorat LAN RI melaksanakan audit internal selama seminggu di Puslatbang KDOD LAN, yang tepatnya dimulai pada tanggal 2 – 6 September 2024. Audit internal kali ini difokuskan pada audit kinerja Barang Milik Negara (BMN) dan audit keuangan rutin. Adapun hasil audit disampaikan oleh Tim Auditor dalam Exit Meeting, di Ruang Rapat Mulawarman Puslatbang KDOD LAN, Jumat (6/9)
.
Inspektur LAN RI, Harry Nugraha dalam sambutan pengantarnya menyatakan bahwa hasil audit yang disampaikan masih sementara dan bersifat umum. “Untuk detil laporan hasil audit secara lengkap nanti disampaikan secara formal melalui Nota Dinas setelah proses verifikasi” ujarnya. Disampaikan juga beberapa catatan untuk Puslatbang KDOD LAN terkait hasil audit internal kali ini, namun sebagian besar terkait permasalahan administratif. Dalam kesempatan tersebut Kepala Puslatbang KDOD, Muhammad Aswad menyambut baik catatan yang diberikan dan berharap bisa menjadi pembelajaran. “Catatan ini harus menjadi pembelajaran bagi kita dan bahan perbaikan ke depan, semoga catatan ini tidak kembali muncul saat diaudit pihak eksternal” harapnya.
.
Selain penyampaian catatan hasil audit internal, dalam kesempatan tersebut terdapat pula diskusi tentang beberapa kebijakan yang terkait catatan hasil audit. Ada beberapa hal yang perlu ditindaklanjuti dari hasil diskusi tersebut sehingga akuntabilitas pengelolaan keuangan di Puslatbang KDOD LAN diharapkan bisa lebih baik lagi. (az/ler)
Skip to content