Menu Close

Strategi Akselerasi Hilirisasi Riset Perguruan Tinggi

Bandung – Politeknik STIA LAN Bandung bersama unit Incubator Bisnis (BICUBE) telah melaksanakan kegiatan talkshow dengan tema “Strategi Akselerasi Hilirisasi Riset Perguruan Tinggi”. Kegiatan ini dilaksanakan secara blended dan dihadiri oleh Direktur hingga jajaran dosen Politeknik STIA LAN Bandung, serta peserta yang hadir secara online dari Politeknik STIA LAN Jakarta dan Makassar. Kegiatan ini mengundang narasumber yaitu Prof. Dr. Erika B. Laconi, MS. yang merupakan Kepala Lembaga Kawasan Sains and Teknologi (LKST) IPB.

Pada sambutannya Direktur Politeknik STIA LAN Bandung menyampaikan bahwa dalam kesempatan kali ini diharapkan dapat menjadi agenda bersama untuk sharing dan belajar untuk meningkatkan pengembangan kapasitas melalui bagaimana cara untuk melakukan suatu hilirisasi riset, ini seyogyanya dapat menjadi ciri khas utama dalam mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terkait dengan bagaimana hasil-hasil riset bisa digunakan dan dimanfaatkan optimal serta agar bermakna serta bagaimana hasil riset ini menjadi bagian penting dapat dioptimalkan untuk menunjang institusi. Penyampaian terkait hal-hal penting tentang bagaimana hilirisasi ini dapat dimanfaatkan karena berada pada ruang lingkup di sosial sains di bidang administrasi publik dan hal apa saja yang dapat dilakukan untuk riset-riset dapat dioptimalkan agar nanti berdampak dan bermanfaat untuk semua.

Riset tentu sudah tidak asing bagi para dosen, yang juga menjadi salah satu tugas yang harus dilakukan yakni melaksanakan penelitian. Namun, kemudian penelitian ini biasanya masih berhenti sampai pada laporan ataupun publikasi. Ini menjadi tantangan besar dimana para dosen dapat menghilirisasi hasil-hasil riset agar dapat diimplementasikan ke dunia nyata, yang mana harapannya dapat bermanfaat untuk masyarakat. Di balik itu, Perguruan Tinggi juga memiliki peran penting untuk dapat berkontribusi dalam pembangunan nasional, meningkatkan kualitas hidup Masyarakat, dan sebagainya. Tentu, harapan besar ke depan agar kegiatan serta diskusi ini dapat menjadi masukan tentang apa yang dapat dilakukan untuk mengakselerasi proses hilirisasi riset dari para dosen Politeknik STIA LAN baik Bandung, Jakarta, maupun Makassar.

Skip to content