Menu Close

Workshop Literasi Informasi “Pelatihan Penelusuran Informasi Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Karya Ilmiah Di Lingkungan Politeknik STIA LAN Bandung”

Bandung – Politeknik STIA LAN Bandung yang dalam hal ini Unit Perpustakaan yang berkolaborasi dengan Unit Jurnal dan Publikasi telah melaksanakan Workshop Literasi Informasi yang bertemakan “Pelatihan Penelusuran Informasi Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Karya Ilmiah Di Lingkungan Politeknik STIA LAN Bandung” dengan menghadirkan narasumber yaitu D.W Ari Nugroho Pustakawan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional, Rabu (11/9). Pada paparannya narasumber menjelaskan tentang penggunaan internet, informasi dan cara penelusuran informasi yang efektif.

Internet menyediakan akses luas ke informasi, namun untuk penelusuran informasi yang efektif, penting untuk memahami cara menggunakan mesin pencari dengan strategi kata kunci yang tepat, mengevaluasi kredibilitas dan akurasi sumber, serta memverifikasi informasi dengan merujuk pada sumber yang terpercaya dan data akademis. Mengembangkan keterampilan literasi informasi memungkinkan individu untuk membedakan antara informasi yang valid dan yang tidak, serta membuat keputusan yang lebih terinformasi dalam dunia yang semakin terhubung.

Acara ini selain untuk memperingati Hari Literasi Internasional, juga bertujuan agar Mahasiswa maupun Dosen memiliki kemampuan literasi informasi yaitu pengetahuan, keterampilan dalam menemukan informasi yang dibutuhkan, memilih sumber informasi dan melakukan penelusuran informasi yang nantinya akan dapat dipergunakan dalam menulis karya ilmiah seperti jurnal ilmiah maupun tugas akhir. Kegiatan ini dihadiri oleh peserta sebanyak 197 orang terdiri mahasiswa angkatan 2023 dan 2024 serta Dosen Politeknik STIA LAN Bandung.

Skip to content