Menu Close

Blooming Competency “The Model for Delivering Great Policy”

SAMARINDA – Mengakhiri bulan Juni, Blooming Competency hadir kembali mengusung tajuk “The Model for Delivering Great Policy” dengan menghadirkan narasumber salah satu Widyaiswara Ahli Madya di Puslatbang KDOD LAN Dr. Rahmat, MA. Kegiatan yang dilaksanakan di Mini Theatre pada hari ini, Jum’at (28/6), dihadiri oleh seluruh ASN di lingkungan Puslatbang KDOD LAN.
.
Dalam pemaparannya, Rahmat menjelaskan bahwa materi yang disampaikannya ini merupakan materi yang didapatkan saat mewakili LAN sebagai peserta dalam Pelatihan “Delivering Great Policy” yang diselenggarakan oleh Australian Public Service Commision. Selain LAN, pelatihan ini juga ditujukan untuk KeMENPAN dan RB dan juga BKN, dengan tujuan agar dapat menyusun kebijakan yang luar biasa. “Untuk mengetahui apa saja saran suatu kebijakan yang baik, kita perlu menciptakan lingkungan dimana praktik kebijakan dapat berkembang. Untuk itu, empat pondasi yang dapat mendukung adalah budaya, pola pikir, kemampuan, serta alat yang digunakan” jelas Rahmat. Selanjutnya terdapat pula empat elemen dari saran kebijakan yang disampaikan oleh Rahmat yaitu tujuan yang jelas, informasi yang luas, praktis untuk diterapkan dan berpengaruh. “Tentunya hal tersebut sangatlah bermanfaat bagi kita, untuk mengidentifikasi dan memudahkan kita agar fokus dalam membuat kebijakan tersebut” tegasnya.
.
Keempat elemen itulah menurut Rahmat yang nantinya akan dikembangkan oleh LAN dalam membuat berbagai kebijakan ke depan. Berbagai metodologi dan pendekatan yang digunakan untuk mendorong cara kerja baru dalam penerapannya juga turut dikembangkan, antara lain data dan analisis, inovasi, wawasan perilaku, berpikir secara sistem, berpikir masa depan, keterlibatan deliberative, serta evaluasi dan berpikir desain. “Dengan begitu, hadirnya model baru yang diperkenalkan pada pelatihan ini, bisa menghasilkan produk-produk kebijakan lebih cepat dan lebih baik lagi ke depannya” tutup Rahmat (w/ler)
Skip to content