Menu Close

Puslatbang PKASN Terima Kunjungan Studi Profesi Universitas Bandar Lampung

Sumedang, – Puslatbang PKASN menerima kunjungan studi profesi dari Program Studi Administrasi Publik, Universitas Bandar Lampung (UBL). Acara ini berlangsung di Gedung Serba Guna Puslatbang PKASN, Selasa (9/7). Dr. Bayu Hikmat Purwana, M.Pd, Analis Kebijakan Ahli Madya Puslatbang PKASN yang mewakili Kepala Puslatbang PKASN, menyampaikan bahwa Lembaga Administrasi Negara (LAN) didirikan untuk menata administrasi publik dan ketatanegaraan.

“Kami menyambut baik kehadiran UBL dan mohon dimanfaatkan kesempatan baik ini dari segi praktis dan teori ilmu pengetahuan,” ujar Bayu. Bayu menjelaskan peran LAN dalam pengembangan kapasitas aparatur dan kontribusi terhadap pengelolaan manajemen administrasi negara seiring dengan penyempurnaan kebijakan. Berdasarkan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara, LAN mempunyai peranan dalam perumusan dan penetapan kebijakan teknis dan pembinaan, penyelenggaraan, dan pengendalian atas pelaksanaan kebijakan teknis pengembangan kapasitas dan pembelajaran ASN.

Dalam sambutannya, Bayu juga menyoroti peran LAN dalam mendorong peningkatan kualitas kebijakan publik, mulai dari agenda setting, formulasi, implementasi, hingga evaluasi kebijakan. Bayu menegaskan bahwa LAN menjadi Pembina Jabatan Fungsional Analis Kebijakan, yang diisi oleh PNS pusat dan daerah untuk mengawal kebijakan di setiap instansi.

Perwakilan dari FISIP Universitas Bandar Lampung, M. Ardiansyah, S.Ap, M.Si, menyampaikan terima kasih dan apreasiasi atas sambutan Puslatbang PKASN. “Kami berharap kunjungan ini dapat memperluas wawasan mahasiswa terkait isu-isu terkini dan memberikan pencerahan tentang manajemen pelayanan publik yang dijalankan pemerintah,” ungkapnya.

Ardiansyah menambahkan bahwa mahasiswa diharapkan dapat berinteraksi dan berpraktek dalam manajemen, serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengidentifikasi strategi yang dibutuhkan dalam menyelesaikan permasalahan publik.

Menurut M. Ardiansyah, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan daya kritis mahasiswa dalam merespons ilmu pengetahuan dan mengembangkan tenaga profesional. Selain itu, kegiatan ini memperluas cakrawala keilmuan mahasiswa dalam kompetensi praktis yang dibutuhkan dalam dunia kerja dan masyarakat.

Analis SDM Aparatur Ahli Muda Puslatbang PKASN, Octarian Wirahadi Kusuma, S.H. turut memaparkan Tugas dan FUngsi Sumber Daya Manusia Puslatbang PKASN. Sementara Analis Kebijakan Ahli Pertama Puslatbang PKASN, Masrully, S.IP. dalam pertemuan tersebut juga memaparkan Peran LAN Dalam Meningkatkan Kualitas Kebijakan Publik melalui Penilaian Indeks Kualitas Kebijakan (IKK).
Dekan FISIP sekaligus Kaprodi Administrasi Publik UBL, Dr. Ida Farida, M.Si, turut hadir dalam kunjungan ini. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi mahasiswa dalam memahami dan menerapkan ilmu administrasi publik secara praktis di lapangan. (Humas)

Skip to content