Menu Close

Wujudkan Center of Excellent Yang Berfokus Pada Pelayanan terbaik, LAN Selenggarakan Strategic Lecture Untuk Seluruh Pegawai

Jatinangor – Kondisi lingkungan strategis yang terus berubah serta disrupsi teknologi menuntut Lembaga Administrasi Negara (LAN) untuk melakukan transformasi tidak hanya dari sisi kelembagaan melainkan juga sumber daya aparaturnya hal ini perlu dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus meningkat. Melalui Transformasi ini LAN berfokus menjadi center of excellence dalam setiap pelayanannya. Hal ini diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala LAN, Dr. Muhammad Taufiq, DEA saat menyampaikan paparan pada Strategic Lecture yang diselenggarakan secara blended, di Puslatbang PKASN, LAN Jatinangor, Jumat (5/7).

Lebih jauh Muhammad Taufiq menambahkan, UU 20/2023 telah menyebutkan LAN diberikan amanah dalam pengembangan kompetensi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang jumlahnya telah mencapai 7 juta yang terdiri dari PNS dan PPPK, oleh karenanya sebagai centre of excellence, LAN harus memberikan pelayanan terbaik atau lebih tepatnya Customer Centric dengan mendengarkan kebutuhan stakeholders LAN. Selain sisi regulasi, LAN juga dihadapkan pada tantangan war of talent, berbagai negara berupaya mencari dan mengakuisisi talenta-talenta terbaik dari berbagai bangsa untuk memajukan negaranya, tak terkecuali talenta yang dimiliki oleh indonesia, oleh karenanya, ini menjadi tanggung jawab LAN dalam mengembangkan talenta terbaik bangsa terutama para ASN tanah air agar mampu bersaing secara global namun tetap memiliki kecintaan terhadap bangsanya.

”Melihat tantangan tersebut, LAN secepatnya harus berbenah dan melakukan transformasi mendasar untuk menjadi organisasi yang lebih besar (bigger), lebih pandai (smarter) dan lebih baik dalam berbagai pelayanan (better)”, tandasnya.

Muhammad Taufiq menjelaskan untuk mewujudkan hal tersebut, LAN memfokuskan diri pada tiga hal yaitu, pertama, number, yang merupakan fokus dalam capaian-capaian yang dilakukan LAN beserta indikatornya keberhasilannya, kedua, invest of people, yang berarti setiap pegawai LAN harus mampu menguasai keahlian baru dan berbagai keahlian yang mampu menjawab tantangan di masa datang (future skills) dan terakhir culture creating value, LAN mendorong setiap pegawainya untuk menciptakan nilai lebih dari setiap pekerjaannya, dengan mengedepankan customer centric.

Dalam acara yang dilaksanakan bersamaan dengan Rapat kerja ini, Muhammad Taufiq menyampaikan ada 2 hal yang tengah disusun dalam transformasi LAN ini, pertama, penjenjangan kinerja, indikator dan target kinerja dalam Rencana Strategi LAN Tahun 2025-2029, ini menjadi salah satu poin penting untuk menetapkan rencana dan strategi yang akan dilakukan 5 tahun ke depan untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

“Hal kedua yang tengah dilakukan adalah perumusan rencana pembelajaran pegawai dan strategi pencapaiannya melalui LAN corporate University (LAN Corpu) ini dilakukan untuk mendukung pencapaian visi dan misi LAN ke depannya, maka setiap individu diminta untuk terlibat aktif dalam pengembangan diri baik secara organisasi maupun bersifat mandiri “, paparnya.

Untuk mewujudkan centre of excellent tentunya perlu kerjasama serta kesamaan visi baik organisasi dan seluruh pegawai, oleh karena nya terakhir Muhammad Taufiq berpesan kepada seluruh elemen LAN untuk mendukung seluruh program transformasional ini sehingga upaya LAN mewujudkan birokrasi yang berkelas dunia dalam mendukung indonesia maju 2045 dapat terwujud. (humas)

Skip to content