Menu Close

Longsor Toraja, Tim LAN Peduli Bencana Puslatbang KMP Salurkan “Daun Pedas” bagi Penyintas

Toraja – Sebagai upaya tiada henti membangun budaya organisasi yang peduli dengan sesama, Puslatbang KMP Lembaga Administrasi Negara melaksanakan kegiatan LAN Peduli Bencana untuk meringankan beban para penyintas tanah longsor di Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja. Pada kegiatan ini, turut disalurkan Dana Untuk Peduli Sesama (Daun Pedas) yang seluruh dananya berasal dari pegawai Lembaga Administrasi Negara.  Bencana tanah longsor di Tana Toraja sendiri terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi pada Sabtu 13 April 2024. Situasi ini mengakibatkan kondisi tanah labil, sehingga memicu terjadi nya bencana. Dalam peristiwa ini, 20 orang meninggal dunia akibat tertimbun material longsor. Selain itu, terdapat 223 jiwa penyintas yang selamat.

Untuk memastikan kesiapan tim LAN Peduli Bencana, Dr. Andi Taufik, M.Si., Kepala Puslatbang KMP memimpin koordinasi bersama tim, mengecek kesesuaian dan ketersediaan logistik bantuan yang akan dibawa. Dilakukan juga koordinasi awal dengan Asisten Administrasi Umum Kabupaten Tana Toraja, Sulaiman Malia, dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tana Toraja, Adriana Saleng.

Tim LAN Peduli Bencana bergerak langsung menuju lokasi pengungsian di Kecamatan Makale, Jumat (26/4). Tim yang beranggotakan 5 orang berangkat dari Kampus Puslatbang KMP pada pukul 07.30 WITA dan tiba di lokasi pengungsian pada pukul 17.00 WITA. Setibanya di lokasi, tim langsung bergerak memberikan aktivitas trauma healing bagi para penyintas.  Setelah itu dilakukan penyerahan logistik bantuan yang terdiri atas 55 paket untuk orang dewasa, 60 paket untuk anak-anak, 55 paket obat-obatan, dan 30 paket pampers.

Skip to content