Menu Close

Ceramah Wawasan Kebangsaan, Yudi Latif Ajak Para Peserta Pelatihan Untuk Mengembangkan Persatuan Berdasarkan Asas Bhinneka Tunggal Ika

Aceh Besar – Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) melaksanakan kegiatan pembelajaran terkait wawasan kebangsaan dengan menghadirkan narasumber Kepala BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) periode 2017-2018, Yudi Latif, PhD secara daring (17/4)

Para peserta pelatihan hadir berkumpul dalam ruang Mini Theater Iskandar Muda Puslatbang KHAN dengan semangat mendengar penyampaian materi ceramah wawasan kebangsaan oleh Bapak Yudi Latif.

Dasar ontologis Pancasila adalah kehendak mencari titik temu (“persetujuan”) dalam menghadirkan kemasalahatan-kebahagiaan bersama dalam suatu masyarakat bangsa yang majemuk
Ada 5 isu strategis pembinaan ideologi Pancasila (1) Pemahaman Pancasila, (2) inklusi sosial, (3) Keadilan Sosial, (4) Pelembagaan Pancasila, (5) Keteladanan Pancasila. Ujarnya.

Lanjut, beliau juga menambahkan bahwa wawasan kebangsaan adalah mengembangkan persatuan Indonesia yang berdasarkan asas Bhinneka Tunggal Ika sehingga hal ini harus sejalan dengan tidak mematikan keanekaragaman, melainkan keanekaragaman dan kemajemukan itu tidak boleh menjadi pemecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, tutupnya.

Pada kegiatan tersebut peserta terlihat antusias dalam menggali pengalaman-pengalaman dari narasumber untuk dimanfaatkan dalam menyelesaikan permasalahan di instansi mereka atau daerahnya. (IK)

Skip to content