Menu Close

Tinta Ringan, Ide Berat : Berbagi Pengalaman Menulis

SAMARINDA – Blooming Competency kembali hadir mewarnai akhir hari kerja pada minggu ini. Mengusung tema Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan judul “Tinta Ringan, Ide Berat : Berbagi Pengalaman Menulis” yang dibawakan dengan apik dan menarik oleh para Analis Kebijakan di Puslatbang KDOD LAN, yaitu Rustan A, Mayahayati K, Maria AP Sari, Kemal Hidayah, Dewi Sartika, Novi Prawitasari, dan Ricky Noor Permadi, kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan Puslatbang KDOD LAN di Ruang Mini Theatre, Jum’at (22/3)
.
Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat dan sejarah. Quotes milik Pramoedya Ananta Toer ini menjadi kalimat pembuka dari Rustan A, Analis Kebijakan Ahli Madya sekaligus Ketua Tim yang mengatakan bahwa dengan menulis maka nama dan tulisan kita akan abadi, apalagi dengan hadirnya internet yang menjadikan rekam jejak digital tulisan kita akan terus muncul apabila kita mengetikkan nama kita saja dalam mesin penelusuran. Ada dua hal yang disajikan oleh tim AK dalam kegiatan ini, yaitu tentang Menulis Opini dan Menulis Artikel. “Perbedaan antara keduanya yang sangat mendasar adalah, bahwa Opini waktu terbitnya bisa lebih cepat dan tanpa melalui berbagai review seperti halnya Artikel. Panjang tulisan dalam opini juga tidak sepanjang artikel yang biasanya harus memuat berbagai analisis dan penjelasan yang tidak sedikit” jelas Rustan. Selanjutnya Rustan mengatakan bahwa kita juga harus menentukan target publikasi pada opini yang kita tulis, karena setiap media biasanya memiliki kriterianya masing-masing yang harus jeli kita lihat. Setelahnya, kita bisa membuat acuan secara umum terkait paragraf demi paragraf yang akan ditulis, dan membuat penutup yang menarik dengan menambahkan kutipan dan menjanjikan hal-hal yang positif.
.
Sesi selanjutnya dijelaskan oleh tim lainnya terkait Menulis Artikel, yang setidaknya terdiri dari Pendahuluan, Metode Penelitian, Teknik Analisis Data, Penggunaan Aplikasi, Penutup/Kesimpulan, Daftar Rujukan, dan Plagiarisme. Di akhir sesi, tim yang terlibat sebagai narasumber dalam kegiatan ini kemudian memberikan kesempatan bagi seluruh peserta untuk berdiskusi. Dengan dilaksanakannnya kegiatan ini, diharapkan seluruh pegawai Puslatbang KDOD LAN memiliki kompetensi menulis yang baik, sehingga dapat memberikan warna pada berbagai media dan jurnal yang ada, yang secara otomatis akan mengharumkan nama organisasi sehingga lebih dikenal luas oleh stakeholders. (ler/ler)
Skip to content