Menu Close

Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM) Politeknik STIA LAN Bandung Sebagai Sarana Dalam Mengasah Kemampuan “Leadership”

Bandung – Mahasiswa merupakan golongan generasi muda yang menuntut ilmu diperguruan tinggi yang juga mempunyai identitas diri. Identitas diri mahasiswa terbangun oleh citra diri sebagai insan religius, insan dinamis, insan sosial, dan insan mandiri. Dari identitas mahasiswa tersebut terpantul tanggung jawab keagamaan, intelektual, sosial kemasyarakatan, dan tanggung jawab individual baik sebagai hamba Tuhan sebagai warga bangsa dan negara.

Dalam lingkungan kampus, mahasiswa akan menghadapi tantangan dan mencari peluang baru. Mahasiswa akan menghadapi tantangan dari diri mereka untuk menghadapi sebuah masalah dan mengambil keputusan sendiri. Oleh karena itu, kemampuan leadership atau kepemimpinan menjadi sangat penting bukan dari dunia akademik saja, melainkan juga dalam kehidupan sehari-hari dan di tempat kerja nantinya. Maka dari itu, sesuai arahan dari Wakll Direktur III Bidang Kemahasiswaan, harus ada upaya secara komperhensif untuk meningkatkan kualitas mahasiswa di lingkungan Politeknik STIA LAN Bandung. Salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan Latihan Kepemimpinan bagi Mahasiswa (LKM). Pelaksanaan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM) dilaksanakan selama 2 hari. LKM yang digelar pada tanggal 16 – 17 Maret 2024 ini mengusung tema “Building a Strong Organizational Foundation” dengan fokus materi yang diberikan dalam 2 hari tersebut adalah mengenai kemandirian dalam kepemimpinan dan manajemen sumber daya organisasi. Pemaparan materi pada Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM) ini sampaikan oleh 2 orang narasumber yang berpengalaman dan kompeten dalam bidangnya.

• Pada hari pertama pemaparan materi disampaikan oleh Sukma Setiawan S. M dengan materi manajemen sumber daya organisasi

• Pada hari kedua pemaparan materi disampaikan oleh Ghaza Ghafiqi Al-Husna dengan materi kemandirian dalam kepemimpinan

Adapun peserta dari kegiatan ini adalah seluruh pengurus organisasi mahasiswa mulai dari BEM, DPM dan Himpunana Mahasiswa seluruh prodi.
Selain penyamapaian materi berkenaan dengan kepemimpinan oleh para narasumber, kegiatan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM) diselenggarakan pula Forum Group Discussion (FGD) yang membahas terkait studi kasus yang sering terjadi dalam kehidupan berorganisasi, dan juga terdapat penugasan sebagai bahan evaluasi, apakah materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh peserta atau tidak.
Adapun output yang diharapkan dari kegiatan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM), antara lain:

1. Peserta dapat memiliki pemahaman yang komprehensif tentang membangun komunikasi organisasi yang efektif
2. Peserta dapat membangun teamwork yang baik
3. Peserta dapat mengenali potensi diri dan mengembangkan kemandirian dalam kepemimpanannya
4. Peserta dapat memiliki pemahaman yang komprehensif tentang kemampuan mengembangkan diri dan orang lain (Developing Others)
5. Peserta dapat merumuskan strategi kebijakan manajemen sumber daya organisasi
6. Peserta dapat mengelola masalah perselisihan hubungan organisasi.

Skip to content