Menu Close

Kembangkan Kompetensi ASN, SKALA adakan Kerja Sama dengan Puslatbang KHAN

Aceh Besar – Sinergi dan Kolaborasi Akselerasi Layanan Dasar (SKALA) mengadakan kerja sama dengan Puslatbang KHAN LAN RI terkait Pengembangan Kompetensi Analis Kebijakan, Rabu (6/3). Marwan perwakilan SKALA Aceh mengatakan bahwa SKALA merupakan program kemitraan Australia-Indonesia untuk Akselerasi Layanan Dasar yang berfokus pada penguatan elemen strategis pada sistem pemerintahan daerah di Indonesia seperti manajemen keuangan publik, standar pelayanan minimal, Perencanaan dan Penganggaran, kepemimpinan lokal, serta memperkuat perspektif dan pengarusutamaan GEDSI (kesetaraan Gender, Disabilitas dan Inklusi Sosial). Tujuan kerjasama ini yaitu peningkatan kompetensi Analis Kebijakan, Fungsional Perencana di Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA), Akademisi dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang fokus kepada kebijakan publik melalui Workshop Pembuatan Ringkasan Kebijakan (Policy Brief). Diharapkan nantinya bahwa analis kebijakan bisa memberikan alternatif-alternatif rekomendasi kebijakan kepada pengambilan kebijakan nantinya terkait permasalahan yang dihadapi.

Adapun yang menjadi fokus isu kebijakan publik yaitu terkait pengelolaan keuangan publik, Standar Pelayanan Minimal (SPM), Sistem Informasi dan Data, dan kesetaraan Gender, Disabilitas dan Inklusi Sosial (GEDSI) ujar Marwan.

Kepala Puslatbang KHAN LAN RI Said Fadhil mengatakan bahwa sangat menyambut baik terkait kerjasama sama ini terkait pengembangan Kompetensi untuk ASN di lingkup Pemerintah Aceh terutama fungsional Analis Kebijakan, dan Fungsional Perencanaan. Lembaga Administrasi Negara (LAN) sebagaimana di amanatkan oleh Undangan-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN memiliki fungsi Pengembangan Kompetensi ASN tentu sangat mendukung terkait kerjasama sama ini. “Diharapkan pelatihan penyusunan Policy Brief ini nantinya bisa meningkatkan kompetensi ASN untuk memberikan alternatif-alternatif rekomendasi kebijakan bagi pengambil kebijakan sehingga kebijakan yang di ambil nantinya tentu diharapkan dapat lebih cepat dan efektif”.

Kegiatan tersebut belangsung di kantor Puslatbang KHAN LAN RI. (IK)

Skip to content