Menu Close

Perkuat Sinergitas Asesmen, BLPK LAN Terima Kunjungan Mabes Polri

Sumedang – Assessment Center saat ini sangat dibutuhkan dalam penerapan sistem merit. Penyelenggaraan asesmen dalam rangka pemetaan kompetensi dan seleksi jabatan tertentu. Untuk mendukung penyelenggaraan asesmen, dibutuhkan dukungan pengelolaan manajemen, sumber daya manusia, sarana, dan prasarana. Hal tersebut disampaikan Kepala Puslatbang PKASN, Drs. Riyadi, M.Si saat menerima Kunjungan Studi Banding Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (MABES POLRI), yang diselenggarakan di Lantai 4 Assessment Center Puslatbang PKASN LAN, Selasa (20/2).

“Puslatbang PKASN mempunyai tugas dalam penyelenggaraan pengembangan kompetensi, analisis kebijakan, dan penyelenggaraan asesmen. Kami tidak bisa menolak permintaan layanan, tetapi mengelola agar pelayanan tetap terpenuhi,” ujar Riyadi.

Lebih lanjut, Riyadi menuturkan bahwa saat ini LAN dan POLRI berada dalam komunitas yang sama, yaitu komunitas asesmen. Sinergitas dalam penyelenggaraan asesmen akan semakin menguatkan hubungan LAN dengan POLRI. Riyadi juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi terhadap MABES POLRI atas kunjungan ini.

Kepala Balai Pemetaan Kompetensi (BLPK), Iman Arisudana S.Sos., MA dalam paparannya menyampaikan bahwa dalam penyelenggaraan asesmen, dibutuhkan pengelolaan dan perawatan aset. Sarana dan prasarana menjadi unsur yang turut mendukung kesuksesan sebuah assessment center. “BLPK LAN juga turut mengembangkan instrumen dalam melakukan evaluasi. Sehingga ada variasi dalam penyelenggaraan asesmen,” papar Iman.

Iman juga menuturkan bahwa dalam penyelenggaraan asesmen, BLPK LAN juga melibatkan asesor eksternal dan narasumber sebagai expert panel. Pelibatan expert panel terutama dalam proses seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama.

Kabagpenkompeten Robinkar SSDM Polri Kombespol. Eka Satria Bhakti, S.I.K. dalam kesempatan yang sama turut menyampaikan bahwa studi banding ini bertujuan untuk bertukar informasi dan meningkatkan sinergitas pengelolaan asesmen. Informasi yang dibutuhkan terutama dalam pengelolaan assessment center. “Kami menyampaikan terimakasih atas penerimaan kunjungan ini. Kami juga berharap mendapatkan pembelajaran dari LAN dalam pengelolaan sumber daya, sarana, dan prasarana assessment center di LAN,” sambung Eka.

Kunjungan studi banding ini turut dihadiri oleh Tim Asesor BLPK LAN, Pengelola Assessment Center BLPK, Asesor SDM Kepolisian Madya tingkat III SSDM Polri, Kombespol Adi Sumirat, S.I.K., M.H., M.M., CPHR., Asesor SDM Kepolisian Madya tingkat III SSDM Polri, Kombes Doni Wahyudi, S.I.K., Asesor SDM Kepolisian Madya tingkat III SSDM Polri Kombespol Melda Yanny, S.I.K., M.H. Tim Asesor SSDM Polri, Perwakilan Polda Jawa Barat, dan Perwakilan Polsek Sukasari. (Humas)

Skip to content