Menu Close

Pegabdian Kepada Masyarakat (PKM) Transformasi Pelayanan Digital Desa pada Era Masa Kini Melalui Aplikasi Berbasis Sistem Informasi

Bandung – Salah satu tim mahasiswa Program Studi Administrasi Pembagunan Negara melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Maysrakat (PKM) dengan mengusung tema “Transformasi Pelayanan Digital Desa pada Era Masa Kini Melalui Aplikasi Berbasis Sistem informasi”, Senin (5/2). PKM tersebut didampini oleh Riky Rinaldy Maulana, S.IP., M.AP sebagai dosen pada prodi tersebut.

PkM yang dilakukan, dimulai dengan sosialisasi Sistem Pelayanan Surat Secara Digital di Desa Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat yang dihadiri oleh Perangkat Desa Kertawangi dan Perwakilan Kepala Dusun. Kegiatan ini dilakukan untuk memperkenalkan program digitalisasi pada pelayanan persuratan denga menggunakan aplikasi yang dibuat untuk mempermudah proses pengajuan surat. Serta perangkat desa mengetahui sistem kerja aplikasi dan dapat memahami fitur yang disediakan untuk kemudian memberikan timbal balik mengenai apa yang dibutuhkan dalam aplikasi sistem pelayanan surat ini.

Dengan menggunakan aplikasi ini, pengajuan surat tidak perlu lagi harus datang ke kantor desa, karena dapat melakukan pengajuan dimanapun dan kapanpun serta tidak perlu menunggu beberapa hari kedepan dengan waktu yang belum pasti. Nantinya ketika pengajuan telah dilakukan, pemohon hanya tinggal menunggu pemberitahuan bahwa surat telah telah selesai diproses. Ketika mendapatkan pemberitahuan, pemohon dapat datang kedesa untuk mengambil surat yang telah selesai diproses tanpa menunggu dan menyita banyak waktu untuk melakukan pelayanan di kantor desa, hal ini dilakukan untuk menciptakan pelayanan publik yang efektif dan efisien.

Skip to content