Menu Close

LAN Benchmarking Dengan Udemy Untuk Pengembangan Program ASN Merdeka Belajar

Jakarta –Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah sebuah aset yang sangat berharga bagi institusi publik. Untuk itu, sudah menjadi kebutuhan bagi organisasi untuk memastikan bahwa para pegawai di lingkungan birokrasi untuk terus meningkatkan kapasitas, keterampilan dan kompetensinya. Lembaga Administrasi Negara (LAN) yang membidangi pengembangan kompetensi bagi ASN melihat perlunya untuk terus melakukan transformasi dan pembaharuan, agar pengembangan kompetensi mampu menjawab kebutuhan talenta yang sesuai dengan tuntutan kekinian.Guna memastikan pengembangan kompetensi ASN tetap relevan dan mewujudkan ASN Merdeka Belajar, LAN melakukan studi banding dengan platform penyedia kursus online “Udemy” secara daring, Selasa (6/2).  

Pelaksana Harian (Plh.) Sementara Kepala LAN, Dr. Muhammad Taufiq, DEA menyampaikan bahwa Udemy merupakan salah satu platform marketplace terbesar di dunia yang sangat produktif dalam memproduksi konten.  Lebih lanjut Taufiq menyampaikan bahwa LAN ingin melakukan pertukaran informasi dan pengalaman bagaimana untuk memberikan pengalaman belajar yang terbaik bagi mereka yang mengikuti pelatihan secara online.

Learning engagement merupakan tantangan yang saat ini dihadapi oleh para lembaga penyelenggara pelatihan yang menyelenggarakan pelatihan secara online. Dan bagaimana Udemy bisa membangun sustainability kepada mereka yang belajar melalui Udemy”, ungkapnya.

Pernyataan senada disampaikan oleh Enterprise Director for Indonesia Market Udemy, Jorge Suzuki menyampaikan bahwa Udemy yang melihat bahwa penting untuk memenuhi kebutuhan peningkatan keterampilan dan kompetensi bagi para pegawai, tidak hanya pada sektor privat, namun juga di sektor publik atau organisasi pemerintahan.

Jorge menjelaskan bahwa Udemy berangkat dari sebuah pemikiran bahwa akan banyak kemungkinan dan peluang yang bisa kita ciptakan atau raih dengan menggunakan akses internet. Di satu pihak, ada penyedia konten pembelajaran yang ingin berbagi, dan di sisi lain ada yang ingin melakukan peningkatan kemampuan, dan pihak-pihak ini dipertemukan dalam Udemy.

“Udemy adalah sebuah mesin pembelajaran yang berfokus untuk mengembangkan diri baik secara personal dan juga sebagai professional. Dan untuk memastikan bagaimana kursus tersebut dapat diterima atau tidak, kami mendengarkan respon dari pembelajar”, tambahnya. Lebih lanjut Jorge juga menyampaikan bahwa Udemy adalah sebuah ekosistem yang sangat dinamis, kami melakukan pembaharuan konten, pembaharuan kursus, dengan melihat berbagai sinyal seperti apa yang organisasi butuhkan, dan topik apa yang diinginkan oleh mereka yang mengikuti kursus di Udemy.

Diskusi berlangsung secara interaktif dan LAN juga menjajaki kemungkinan untuk dapat berkolaborasi dengan Udemy dalam penyelenggaraan pengembangan kompetensi bagi para ASN. Turut hadir dalam forum ini adalah Deputi Bidang Penyelenggaraan Bangkom, Kepala Pusbangkader, serta perwakilan dari unit penyelenggara pengembangan kompetensi di lingkungan LAN.

 

 

Skip to content