Menu Close

Puslatbang KDOD LAN Fasilitasi Bimtek Penyusunan SKJ di Lingkungan Pemkab Berau

BERAU – BKPSDM Kabupaten Berau bekerjasama dengan Puslatbang KDOD LAN menyelenggarakan kegiatan Bimtek Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan (SKJ) di Ruang Rapat Bappelitbang, pada hari Kamis (1/2). Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan seluruh Perangkat Daerah di lingkungan Kabupaten Berau ini dibuka oleh Sekretaris Daerah, Muhammad Said. Dalam sambutannya Said menyatakan pentingnya standar kompetensi jabatan ketika akan melantik seseorang dalam suatu jabatan.
“Ketika seseorang dilantik di jabatan tertentu, muncul banyak pertanyaan terkait kompetensi yang bersangkutan. Standar kompetensi jabatan dapat menjadi dasar dan memastikan bahwa yang pegawai dilantik telah memenuhi kompetensi jabatan yang akan diduduki. Jadilah ASN yang memiliki jiwa petarung, jangan merasa puas dan hebat di bidang tertentu. Harus berani mengembangkan kompetensi di luar bidangnya saat ini agar nantinya memiliki kesiapan ditempatkan dimana pun” pesan Said.
.
Kepala Puslatbang KDOD LAN, Muhammad Aswad dalam arahannya juga menyampaikan apresiasinya dalam kegiatan ini. Aswad kemudian juga menjelaskan pentingya melakukan langkah-langkah transformasi birokrasi untuk mewujudkan birokrasi berkelas dunia dan pelayanan publik yang kompetitif. “Transformasi birokrasi di Indonesia terdiri dari transformasi organisasi, transformasi SDM aparatur, dan transformasi sistem kerja. Penyusunan standar kompetensi jabatan adalah salah satu upaya transformasi yang terkait dengan organisasi dan SDM aparatur” jelas Aswad.
Dalam sistem manajemen SDM ASN, menurut Aswad keberadaan standar kompetensi jabatan sangat penting diantaranya untuk perencanaan dan pengadaan ASN, pengembangan karier dan kompetensi ASN, penempatan ASN, dan uji kompetensi. “Seluruh jabatan dari pimpinan tinggi hingga pelaksana harus memiliki standar kompetensi jabatan yang diantaranya dapat dijadikan dasar untuk pengembangan kompetensi pegawai” tambah Aswad lagi. Untuk itu, Aswad juga menegaskan bahwa setiap pegawai harus mengetahui standar kompetensi jabatan yang didudukinya sehingga dapat mengetahui kebutuhan pengembangan kompetensi yang harus dipenuhi.
.
SKJ sendiri adalah salah satu infrastruktur penting yang wajib dimiliki oleh setiap instansi pemerintah untuk mendukung sistem manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berbasis merit. Dalam pengertiannya, standar kompetensi merupakan deskripsi pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang diperlukan ASN dalam melaksanakan tugas dan jabatan yang juga menjadi salah satu prasyarat dalam penyusunan pola karir ASN guna menjamin objektivitas, keadilan dan transparan dalam pengangkatan ASN dalam jabatan. Puslatbang KDOD LAN sendiri memiliki peranan dan perhatian khusus untuk terus mendorong pemerintah daerah melakukan langkah-langkah transformasi dalam rangka mewujudkan birokrasi berkelas dunia dan pelayanan publik yang kompetitif.
.
Kegiatan Bimtek ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yaitu tanggal 1-2 Februari 2024 dengan narasumber dan fasilitator dari Puslatbang KDOD, yaitu Dr. Rahmat, MA dan Ahmad Zaini, SE., ME. Setelah mengikuti kegiatan bimtek ini diharapkan seluruh peserta dapat memahami penyusunan standar kompetensi jabatan yang nantinya akan digunakan untuk proses penyusunan standar kompetensi jabatan di perangkat daerah masing-masing. (az/ler)
Skip to content