Menu Close

Gamifikasi Non IT : Inovasi Pengembangan Kompetensi Berbasis Non Teknologi

Jakarta – Dengan terbitnya Undang-undang 20 tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), Lembaga Administrasi Negara (LAN) sebagai instansi pembina pengembangan kompetensi (bangkom) memiliki tantangan baru untuk memberikan pembelajaran secara berkelanjutan. Undang-undang tersebut telah memberi pergeseran paradigma pengembangan kompetensi aparatur yang semula merupakan hak setiap ASN, kini mulai bergeser menjadi sebuah kewajiban. Terlebih lagi jumlah ASN di tahun ini diproyeksikan akan mencapai 8 juta lebih yang meliputi PNS dan PPPK. Hal ini diungkapkan Pelaksana Harian (Plh.) Sementara Kepala LAN. Dr. Muhammad Taufiq, DEA saat memberikan sambutan dalam Mini Workshop Gamifikasi Non IT Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) “Dadu Bercerita”, di Ruang kelas A-B, Gedung A, Kantor LAN, Jalan Veteran No 10, Kamis (1/2).

Dengan kebijakan tersebut, ASN dituntut untuk belajar dan mengembangkan kompetensinya setiap hari bukan sebatas sebagai ritual kepegawaian melainkan mampu berdampak serta merubah perilaku dan kinerja individu dan organisasinya. “Selama ini pembelajaran hanya seperti minum obat yang harus dipaksakan, bukan menjadi sebuah kebutuhan dan kegiatan yang adiktif, maka gamifikasi menjadi sebuah pembelajaran yang lebih inovatif dan menarik bagi ASN untuk mengembangkan kompetensinya” ungkapnya.

“Maka kegiatan pagi ini menjadi sangat penting bagi untuk membekali para Widyaiswara melalui experiential learning atau merasakan langsung pembelajaran melalui gamifikasi dadu bercerita. Selama ini pembelajaran gamifikasi berbasis digital dan dinilai cukup mahal namun melalui gamifikasi non IT ini tidak menutup kemungkinan peserta pelatihan mampu melakukan learning engagement karena pembelajaran disajikan dengan menyenangkan dan menarik” tambahnya.

Harapannya melalui gamifikasi dadu bercerita ini, tidak hanya mengajarkan tools pembelajaran namun mampu membangkitkan spirit untuk mewujudkan inovasi pembelajaran yang mampu berdampak dan memberikan engagement positif bagi peserta pelatihan.

Kegiatan ini difasilitasi oleh Pusat Pembinaan Program dan Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN bekerjasama dengan IOTA Kreatif Media serta diikuti oleh widyaiswara dan fasilitator Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) dari berbagai badan pengembangan SDM di kementerian dan lembaga.

 

Skip to content