Bali – Menutup tahun 2023, Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan (Puslatbang KMP) LAN RI menorehkan prestasi dengan diraihnya predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Predikat ini diterima secara resmi oleh Kepala Puslatbang KMP, Andi Taufik, dalam acara RBXperience yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali pada tanggal 5-6 Desember 2023. Atas diperolehnya penghargaan ini, Puslatbang KMP menjadi unit kerja Lembaga Administrasi Negara Pertama yang menyandang predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).
Kegiatan RBExperience sendiri dihadiri secara langsung oleh Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin; Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas; Menteri Keuangan, Sri Mulyani; dan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, serta pejabat tinggi dari berbagai instansi pemerintah lainnya. Hadir pula Sekretaris Utama LAN RI, Reni Suzana, dan Kepala Pusat Pembinaan Program dan Kebijakan Pengembangan Kompetensi (P3K Bangkom) LAN, Erna Irawati, yang juga mewakili unit kerjanya untuk menerima penghargaan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di kesempatan yang sama.
Predikat WBBM tentunya tidak diperoleh Puslatbang KMP dalam waktu singkat. Perjalanan dimulai pada tahun 2020 setelah predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian PANRB berhasil diraih. Tidak puas pada predikat tersebut, Puslatbang KMP terus berupaya untuk meningkatkan dan memperkuat pembangunan Zona Integritas di lingkungan Puslatbang KMP. Sejak tahun 2021, Puslatbang KMP secara konsisten melakukan pembenahan dan peningkatan kualitas di enam area perubahan dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi yaitu manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDMA, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Sosialisasi, pemantauan dan evaluasi dilakukan secara berkala agar setiap program dan kegiatan dilaksanakan sesuai dengan koridor Pembangunan Zona Integritas. Internalisasi ini tidak hanya dijalankan oleh pegawai Puslatbang KMP, tetapi juga dilaksanakan oleh mitra kerja Puslatbang KMP bidang keamanan, kebersihan, maupun front-liner yang juga menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada stakeholders Puslatbang KMP.
Pada bulan Agustus 2023, tim dari Kementerian PAN-RB melaksanakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Zona Integritas di Puslatbang KMP secara daring. Kegiatan ini diikuti oleh ketua pokja RB Puslatbang KMP dengan agenda pemaparan terkait apa saja kegiatan dan program yang sudah dilaksanakan Puslatbang KMP di enam area perubahan dalam proses membangun Zona Integritas pasca diperolehnya predikat WBK di tahun 2020. Evaluasi ini kemudian dilanjutkan dengan dilaksanakannya Desk Evaluation pada tanggal 3 Oktober 2023. Tim Evaluasi dari Kementerian PANRB hadir ke Puslatbang KMP untuk melihat secara langsung apa saja yang telah dilaksanakan oleh Puslatbang KMP dalam proses pelaksanaan Zona Integritas.
Dalam proses pemantauan ini, Kepala Puslatbang KMP berkesempatan untuk menjelaskan salah satu program unggulan yang dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan Zona Integritas, yaitu Pojok Gratifikasi yang telah berjalan sejak 2021 silam. Pojok Gratifikasi sendiri merupakan bentuk public campaign anti gratifikasi berupa display barang-barang yang diterima dari stakeholder Puslatbang KMP yang disinyalir dapat menyebabkan konflik kepentingan. Tanggung jawab dan tugas Puslatbang KMP dalam melaksanakan pelatihan maupun pemetaan kompetensi bagi ASN membuat tidak hanya seluruh pegawai, tetapi bahkan mitra kerja Puslatbang KMP berisiko memperoleh gratifikasi dari stakeholders yang dilayani. Oleh sebab itu, sebagai bentuk kesadaran untuk menolak dan melaporkan gratifikasi yang terpaksa diterima, dibuatlah Pojok Gratifikasi yang pelaporannya dilakukan secara mandiri oleh pegawai kepada Tim Unit Pengendali Gratifikasi. Kepala Puslatbang KMP juga tak lupa menunjukkan berbagai fasilitas yang dimiliki oleh Puslatbang KMP yang diperbarui secara berkala baik dari segi fungsi maupun bentuknya agar dapat menghasilkan pelayanan prima bagi setiap stakeholders Puslatbang KMP.
Predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani yang berhasil didapatkan tidak akan menjadi garis finish dari perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan Puslatbang KMP. Predikat ini justru akan menjadi titik awal perjuangan yang semakin berat, karena Puslatbang KMP kini mengemban tugas untuk mempertahankan apa yang sudah baik, dengan terus berupaya meningkatkan yang sudah ada menjadi lebih baik lagi. Puslatbang KMP akan selalu berkomitmen menjadi yang menjunjung tinggi nilai-nilai integritas dalam melaksanakan pelayanan prima bagi seluruh stakeholders-nya.