Menu Close

Pelatihan Kader Perencana Kota Cimahi

Cimahi – Politeknik STIA LAN Bandung menjalin kerjasama yang ketiga kalinya dengan Bappelitbangda Kota Cimahi dalam penyelenggaraan Pelatihan Kader Perencana Kota Cimahi Tahun 2023. Pelatihan diselenggarakan dalam dua gelombang yaitu Gelombang I tanggal 8 dan 9 November 2023. Gelombang II tanggal 13 dan 14 November 2023.

Pelatihan Kader Perencana Kota Cimahi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan, S.Si., M.M. yang diikutu oleh 165 peserta pada gelombang I ini, dari total 312 peserta yang terdiri dari beragam unsur masyarakat seperti LPM, Karang Taruna, Kader PKK, Tokoh Masyarakat, perwakilan RW/RT di wilayah kelurahan setempat. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa target dari Pelatihan Kader Perencana Kota Cimahi 2023, yaitu peningkatan kemampuan para Kader Perencana Wilayah untuk dapat mengeksploitasi potensi Kota Cimahi sesuai dengan karakteristik atau kekhasannya.
Kegiatan pelatihan diawali dengan laporan Ketua Penyelenggara oleh Kepala Bappelitbangda Kota Cimahi Adet Chanda Purnama, S.T., M.M., dilanjutkan dengan penyampaian materi dari para narasumber yang merupakan dosen Politeknik STIA LAN Bandung yaitu Dr. Nita Nurliawati, S.Sos., M.Si., selaku Kepala Unit Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Rofi Ramadhona Iyoega, S.P., M.Si dari C.A Dara Kirana, S.AP., M. AP selaku dosen perencanaan pembangunan.

Kegiatan yang merupakan aktualisasi kerjasama Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik STIA LAN Bandung dengan melibatkan mahasiswa dari tiga Prodi Sarjana Terapan ini diharapkan dapat memperkuat pemahaman mahasiswa tentang persiapan pelaksanaan Musrenbang sekaligus memperkaya pengalaman berinteraksi langsung dengan masyarakat luas.

Hari kedua pelatihan diisi dengan praktikum pemetaan potensi wilayah dan penentuan skala prioritas serta simulasi Musrenbang. Dosen yang terlibat antara lain Melati Dewi Asri, S.Pd., M.E., Endah Mustika R, S.IP., M.AP dan Pepi Zulva, S.Pd., M.Si.

Skip to content