Menu Close

Politeknik STIA LAN Bandung berkolaborasi bersama IAPA Jawa Barat Menggelar Seminar Nasional Bertajuk “Collaborative Governance : Dinamika Reformasi Administrasi Di Era Digital”

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan para civitas akademika Politeknik STIA LAN Bandung dan seluruh mitra stakeholder, Prodi Magister Administrasi Pembangunan Negara bekerjasama dengan IAPA Jabar menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional. Seminar ini menghadirkan narasumber Prof. Budi Setiyono, Ph.D, Wakil Rektor III Universitas Dionegoro dan Prof. Drs. Andy Fepta Wijaya, MDA. Ph.D., Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

Acara diawali dengan opening remark yang disampaikan oleh Ketua IAPA Jawa Barat Dr. Yaya Mulyana Abdul Aziz.
Dalam opening remarknya, Yaya menghaturkan rasa terima kasihnya kepada Politeknik STIA LAN Bandung yang telah berkolaborasi dengan IAPA Jawa Barat dalam seminar yang bertajuk “Collaborative Governance : Dinamika Reformasi Administrasi di Era Digital” sebagai bentuk kerjasama diantara kedua belah pihak. Yaya menerangkan bahwa, topik yang diangkat pada seminar nasional kali ini sangatlah menarik mengingat dinamika perkembangan teknologi informasi khususnya AI (Artificial Intelligence) telah di pergunakan di organisasi privat atau bisnis tidak terkecuali di dalam dunia pemerintahan. “Ini sangat menarik, karena dampaknya akan langsung kepada pelayan publik yang ada di Indonesia untuk me-Reformasi Diri agar tidak ketinggalan zaman” tuturnya. Namun beliau juga menjelaskan tentang kekhawatiranya dari penggunaan AI yaitu kekuatan AI yang semakin berkembang akan membuat AI itu menjadi semakin otonom. Meski begitu, beliau berharap, penerapan AI di sektor publik dapat dioptimalisasikan penggunaannya.Prof. Budi Setiyono, Ph.D menyampaikan bahwa dengan tata kelola pemerintahan berbasis it untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat dan Prof. Drs. Andy Fepta Wijaya, MDA. Ph.D., menyampaikan materi Colaborative dan Collaborative Governance: Dinamika Reformasi Administrasi di Era Digital.

Direktur Politeknik STIA LAN Bandung Dr. Muhamad Nur Afandi, S.Pd., M.T dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan kolaborasi Poltek STIA LAN Bandung dengan IAPA Jabar yang selalu konsisten diselenggarakan setiap tahun dan ini merupakan budaya akademik untuk meningkatkan kapasitas akademik.
Tema Colaborative dan Collaborative Governance: Dinamika Reformasi Administrasi di Era Digital, tentu merupakan topik yang sangat bagus dan kekinian yang dapat menambah pengetahuan dan ilmu untuk peserta.
Peserta juga dapat berpartisipasi dalam penulisan book chapter, yang nantinya akan diterbitkan di STIA LAN Press ber-ISBN.

Skip to content