Menu Close

Tim Adhiganapraya Membangun Sinergi dan Kolaborasi, Dukung Reformasi Birokrasi Berdampak

Jakarta – Adhiganapraya adalah nama baru yang diusung oleh tim reformasi birokrasi (RB) di lingkungan Lembaga Administrasi Negara (LAN). Berlandaskan filosofi sebagai golongan unggul yang memiliki karakter cerdas dan kreatif, tim lintas satker dan unit kerja ini diharapkan mampu berkolaborasi untuk mendorong pembaruan serta mewujudkan RB yang lebih kontekstual dan berdampak sesuai dengan mandat kebijakan dan perkembangan lingkungan strategis. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Utama LAN, Dra. Reni Suzana, MPPM dalam kegiatan Commitment Building RB LAN yang dilaksanakan secara blended di aula Prof. Dr. Agus Dwiyanto, MPA, LAN Jakarta, Kamis (13/07).

Pelaksanaan RB di lingkup LAN pada dasarnya telah berjalan secara berkelanjutan. Pada tahun 2023 ini, melalui Permenpan RB Nomor 3 tahun 2023, dilakukan penajaman RB melalui penguatan RB berdampak, atau dikenal dengan pelaksanaan RB Tematik. Berkenaan dengan hal tersebut, LAN perlu menindaklanjuti berbagai mandat kebijakan dan tantangan lingkungan strategis yang berkembang. Utamanya terkait penajaman RB yang dijewantahkan melalui pembaharuan Roadmap RB di lingkungan LAN serta melalui revitalisasi tim RB yang berfokus pada bidang transformasi administrasi negara, transformasi pengembangan kompetensi, internal business process and stakeholders image, serta bidang SDM dan manajemen perubahan,” paparnya.

Selain itu, guna memperkuat komitmen dan semangat tim dalam menjalankan tugasnya sebagai punggawa pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan LAN, tim Adhiganapraya juga meluncurkan tagline “Leading the Way, Shaping the Future”. Nama tim dan tagline ini merupakan hasil dari sayembara rebranding RB LAN yang telah dilaksanakan sebelumnya dan menjaring berbagai ide serta masukan dari para pegawai di lingkungan LAN. Keluar sebagai pemenang sayembara tersebut adalah Santosa dari Puslatbang PKASN Jatinangor dan Ganjar Purnama Sidik dari Pusbangkom Pimnas ASN yang dalam kesempatan yang sama diberikan apresiasi penghargaan oleh Sekretaris Utama LAN didampingi para Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan LAN.

Dalam kesempatan tersebut, Reni juga menyampaikan apresiasinya atas inisiatifnya untuk bergabung dan berkontribusi dalam tim ini. Ia berharap, agar seluruh anggota tim dapat berkontribusi untuk mensukseskan program-program yang telah dirumuskan melalui kolaborasi dan sinergitas yang baik.

“Saya, mewakili juga para pimpinan tinggi, mengapresiasi setinggi-tingginya kepada teman-teman semua, karena secara sukarela ingin turut serta menjadi bagian dalam transformasi LAN. Tim ini juga akan didukung oleh tim penjamin kualitas, mentor, coach dan project manager yang akan membantu untuk memastikan program-program yang dijalankan akan dilaksanakan secara masif pada seluruh satker,” ujarnya.

“Kolaborasi dari berbagai elemen ini menjadi upaya untuk mengorkestrasikan pelaksanaan RB berdampak di LAN, karena pada dasarnya RB adalah milik dan upaya bersama. Melalui kegiatan hari ini, minimal kita semakin memperkuat kekompakan Tim dan meningkatkan ownership terhadap RB,” tutupnya.

Kegiatan commitment building ini juga diisi dengan berbagai kegiatan dan games menarik yang diharapkan akan membangun kekompakan, kolaborasi dan komitmen terhadap tim. (humas)

Skip to content