Menu Close

Gelar Forum KBK, Stay Focused Menjadi Bahasan Utama

SAMARINDA – Forum Kelompok Budaya Kerja untuk kedua kalinya di tahun 2023 ini kembali dilaksanakan di Ruang Mini Theater Puslatbang KDOD, Jum’at (31/3). Dengan mengangkat tema “Stay Focused”, Itcianday, Analis Kebijakan Ahli Muda di Puslatbang KDOD yang menjadi Narasumber dalam kegiatan ini, menyampaikan materinya dengan apik dan menarik. Pria yang akrab dipanggil Itci ini mengatakan bahwa Steve Jobs dalam pandangannya tentang fokus lebih kepada mengatakan tidak. Bukan karena apa-apa, tetapi untuk bisa fokus pada satu hal, kita harus bisa mengatakan tidak pada hal-hal lainnya yang memiliki kemungkinan untuk mendistraksi fokus kita pada satu hal tersebut. Bahkan Bill Gates dikatakan oleh Itci memiliki keyakinan bahwa melalui fokus, kita dapat melakukan hal-hal yang berkelas dunia, tidak peduli seberapa besar kemampuan kita. “Oleh karena itu, fokus menjadi satu hal penting terutama bagi kita orang-orang yang bekerja dan digaji untuk melakukan pekerjaan kita dengan kualitas atau mutu terbaik” tegas Itci.
Disampaikan pula oleh Itci, ada dua jenis fokus yang saat ini terjadi pada diri atau otak manusia. “Yang pertama adalah directed focus. Fokus yang tertuju pada satu hal saja, sehingga seseorang bisa menjadi expert pada satu hal itu, dengan kualitas atau mutu yang baik. Dari aspek psikologis, tentu saja manusia akan memiliki kemungkinan untuk merasa jenuh atau bosan karena mungkin hidupnya tidak variatif atau itu-itu saja. Kedua, adalah scattered focus, yaitu fokus yang tertuju pada banyak hal dalam satu waktu. Ini juga disebut dengan multitasking, memang variasinya banyak, kita tidak akan sering bosan, tetapi dampak psikologisnya adalah kita akan capek dan lelah karena harus mengerjakan banyak hal” jelas Itci. Untuk mengatasi masalah fokus ini, Itci menyampaikan bahwa ada beberapa teknik atau model yang bisa dicoba. Salah satunya adalah Pomodoro Technique milik Francesco Cirillo, yang membuat timeline 25 menit kerja dan fokus tanpa terdistraksi apapun, 5 menit break dan melakukan hal yang ringan, diulang hingga 4 kali kecuali break di akhir dilakukan selama 15 menit. “Siklus ini dilatih dan diulang terus menerus, sehingga jika kita sudah terlatih dapat menambah durasi kerja per-periodenya” tambah Itci lagi.
Usai paparan, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi. Beberapa peserta dari seluruh peserta yang merupakan pegawai di lingkungan Puslatbang KDOD, terlihat mengajukan pertanyaan, komentar, bahkan sharing pengalamannya. Kepala Puslatbang KDOD LAN Dr. Muhammad Aswad, M.Si yang juga hadir dalam forum ini menyatakan bahwa Forum KBK tahun ini harus bisa menghasilkan output yang lebih besar lagi. “Inovasi-inovasi harus lahir sebagai bukti bahwa forum ini efektif dan berkontribusi untuk merawat organisasi” ujarnya. “Oleh karena itu, saya ingin agar masing-masing pegawai harus mendesain minimal satu inovasi yang digagas, sehingga nanti ada sebuah pohon inovasi di kantor kita tercinta ini, yang lahir dari pegawai-pegawai yang hebat” tutupnya. (ler/ler)
Skip to content