Menu Close

EKSPOSE TELAAHAN KEBIJAKAN PENDIRIAN UPTD PENILAIAN KOMPETENSI PEGAWAI

Samarinda – Bekerjasama dengan Puslatbang KDOD, Bappedalitbang Kota Samarinda menggelar ekspose hasil telaahan kebijakan pendirian UPTD Penilaian Kompetensi Pegawai di Ruang Rapat Bappedalitbang Kota Samarinda. Kegiatan ini dihadiri oleh pembahas Dra. Herlina Isdhianti sebagai Kepala UPTD Penilaian Kompetensi Pegawai Prov. Kaltim, Kepala Bagian Organisasi Kota Samarinda Fiona Citrayani S.STP., M.M, dan Analis Kepegawaian BKPSDM Kota Samarinda, Nurlina S.Sos.
Sambutan Walikota Samarinda yang disampaikan oleh Kepala Bappedalitbang, H. Ananta Faturrozi menekankan bahwa suatu pemerintahan tidak terlepas dari peranan SDM dan kualitas ASN yg bekerja di daerahnya. Pengelolaan ASN yang profesional sebagaimana amanat UU No. 5 Tahun 2014 yang menjadi dasar Manajemen ASN. Sistem merit terdiri dari 3 pilar, yaitu kualifikasi, kompetensi, hasil penilaian kinerja. Penilaian kompetensi sebagai dasar pembinaan pegawai diperlukan untuk pengembangan karier, pengembangan kompetensi dan manajemen talenta.
Lebih lanjut disampaikan bahwa Penilaian kompetensi ASN di Kota Samarinda belum tersistem dengan baik sehingga diperlukan wadah khusus dan fokus yang dapat bekerja secara independen melakukan penilaian, monitoring, dan evaluasi terhadap ASN Kota Samarinda. Harapannya penilaian kompetensi pegawai dapat tersistem dan dapat dimanfaatkan policy maker, sehingga penempatan pegawai sesuai the right man on the right place.
Kemudian hasil analisis yang disampaikan oleh Analis Kebijakan Ahli Madya, Rustan A, menunjukkan bahwa BKPSDM Kota Samarinda dapat mengoperasionalkan UPTD Penilaian Kompetensi Pegawai Kota Samarinda sehingga dapat secara optimal menjalankan tugas utamanya untuk melakukan penilaian potensi dan kompetensi pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda. Tentu saja dalam pembentukannya beberapa prasyarat perlu dipenuhi terlebih dahulu seperti pemenuhan tenaga asesor, sarana dan prasarana penunjang tugas, serta upaya pemajuan UPTD dalam lima tahun ke depan. Dalam telaahan ini Pemerintah Kota Samarinda dapat membentuk UPT Penilaian Kompetensi Pegawai dengan Tipe A. (TNA)
Scroll Up Skip to content