Menu Close

Lepas Latsar CPNS Angkatan XXVII, Kapuslatbang KDOD : Masa Depan SDM di Indonesia, dan Kemajuan Bangsa Ini Ada di Tangan Anda!

SAMARINDA – “Sekembalinya anda dari sini ke instansi masing-masing, adalah ujian yang sesungguhnya” tegas Kepala Puslatbang KDOD LAN Dr. Muhammad Aswad, M.Si saat melepas secara resmi Pelatihan Dasar CPNS Angkatan XXVII, di Ruang Auditorium Puslatbang KDOD LAN, Rabu (26/10) .

“Seluruh proses pembelajaran dan juga pencapaian yang telah didapatkan dari proses pelatihan ini sangat terbatas sekali penilaiannya. Dari sembilan orang peserta yang lulus dengan predikat Sangat Memuaskan, tentunya itu hanya predikat di sini saja. Tapi jika anda kembali ke instansi asal, seluruh unsur akan memberikan penilaian kepada anda, baik itu pimpinan, kolega, bahkan stakeholders” lanjutnya lagi. Berkaitan dengan hal itu, Aswad menekankan pada seluruh peserta agar mampu menunjukkan bahwa memang mereka mampu dan layak menjadi seorang PNS. Apalagi negara saat ini memang membutuhkan orang-orang yang bisa menjadi pemicu untuk kemajuan bangsa ini, jika dikaitkan dengan program pemerintah di tahun 2025 yang ingin mewujudkan world class government. Komitmen yang kuat, serta kemampuan dan kemauan untuk melakukan yang terbaik menurut Aswad dapat menjadi sebuah aspek penting sebagai penentu keberhasilan program tersebut.

Dalam momentum ini, Aswad juga menyinggung terkait profil seorang Smart ASN yang ingin diwujudkan oleh Pemerintah dalam mendukung Indonesia Emas 2045, yaitu nasionalisme, integritas, hospitality, networking, teknologi informasi, Bahasa asing, dan entrepeneurship. Ia beranggapan bahwa seluruh target yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Merdeka tidak akan dapat terwujud tanpa ASN yang professional, dan SDM yang unggul. “Dengan profesi anda sebagai seorang dosen, justru anda menjadi garda terdepan dalam pengembangan kompetensi di negeri ini. Anda harus bisa diandalkan untuk menjadi pendidik-pendidik generasi penerus bangsa, karena anda adalah core dari peningkatan kualitas SDM di Indonesia. Oleh karena itu, baik buruknya negeri ini, maju tidaknya bangsa ini, tergantung pada anda semua” ujar Aswad.

Peserta dalam pelatihan ini dilaporkan oleh Koordinator Pelatihan dan Pengembangan Dr. Rahmat, MA berjumlah 39 orang yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi di Kalimantan seperti Universitas Mulawarman, Universitas TanjungPura, dan Universitas Palangkaraya. Dari 39 orang peserta, Sembilan orang lulus dengan kualifikasi Sangat Memuaskan, dan 30 orang lainnya lulus dengan kualifikasi Memuaskan. Adapun tiga orang peserta yang mendapatkan peringkat terbaik adalah :

• Peringkat I diraih oleh Endah Mayasari dari Universitas TanjungPura;
• Peringkat II diraih oleh Viriyanata Wijaya dari Universitas Mulawarman;
• Peringkat III diraih oleh Nawung Asmoro Girindraswari dari Universitas Palangkaraya
“Selamat berjuang mengabdikan diri anda, karena tantangan anda akan semakin sulit dan kompleks, sehingga daya juang anda juga harus semakin besar” pesan Aswad di akhir sambutannya. (ler/ler)
Skip to content