Menu Close

Pemilihan Desain Solusi Isu Aktual tema Desa

Garut – Selasa (2/8) Tim Analis Kebijakan Puslatbang PKASN mengadakan kunjungan ke Kabupaten Garut dalam rangka kegiatan Pemilihan Desain Solusi Isu Aktual tema Desa “Peningkatan Kompetensi Aparatur Desa dalam rangka Peningkatan Kinerja Pemerintah Desa”. Tim Puslatbang PKASN diterima oleh Kepala Dinas DPMD Kabupaten Garut Drs. H. Wawan Nurdin, S.Sos dan Kepala Desa Sulaksana, Oban Sobana yg merangkap sebagai Kepala Apdesi Garut dan bendahara Apdesi Jabar.

Salah satu lokus yang dikunjungi adalah Desa Wisata Saung Ciburial, sebagai desa mandiri berdasarkan indeks desa membangun yang dikeluarkan Kemendes tahun 2022. Tiga hal yang didapat dari hasil kunjungan ini adalah:

Pertama, dalam memberikan pelayanan pada masyarakat, perangkat desa perlu memiliki kompetensi sosialkultural dan kompetensi teknis dalam penyelenggaraan pemerintahan desa mulai dari penyusunan peraturan atau kebijakan hingga evaluasi kebijakan tersebut. Kedua, pengembangan kompetensi perlu diberikan kepada perangkat desa berdasarkan jabatannya masing-masing dan setelahnya perlu adanya ketuk tular atau sharing dengan perangkat desa lainnya. Ketiga, perlunya menjaga motivasi perangkat desa ini agar tercipta kinerja yang optimal.

Sama hal nya dengan konsep yang dilakukan di desa Sukalaksana yaitu dengan memberikan tunjangan desa sebagai penghasilan tambahan bagi perangkat desa. Selain itu diungkap pula oleh Oban bahwa kejelasan status kepegawaian juga diperlukan untuk menjaga motivasi perangkat desa, karena kejelasan status kepegawaian perangkat desa akan berpengaruh terhadap kesejahteraan dan juga hak-hak kepegawaian lainnya seperti pengembangan kompetensi. (Humas)

Skip to content