Menu Close

Gelar Pembukaan Latsar Angkatan XXII, Kepala Puslatbang KDOD Tegaskan Nilai Professionalitas ASN

SAMARINDA – Pelatihan Dasar CPNS Angkatan XXII Tahun 2022 di Puslatbang KDOD LAN resmi dibuka oleh Kepala Puslatbang KDOD LAN Dr. Muhammad Aswad, M.Si di Ruang Auditorium, Senin (25/7).

Angkatan ini merupakan angkatan kedua yang digelar oleh Puslatbang KDOD pada tahun 2022. Dilaksanakan sejak tanggal 22 April 2022 yang lalu melalui mekanisme pelatihan mandiri dan distance learning, pelatihan yang diikuti oleh 40 orang berasal dari Pemerintah Kota Bontang dan Pemerintah Kota Balikpapan ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi CPNS dalam lingkup kompetensi sosial kultural dan kompetensi bidang. Dalam sambutannya Aswad menyampaikan bahwa seluruh peserta adalah orang-orang terpilih yang bukan karena kebetulan, tetapi karena memang memiliki kompetensi yang dibutuhkan. Oleh karenanya, ia berpesan agar pelatihan ini diikuti dengan sungguh-sungguh sebagai sebuah bentuk kesyukuran, dan bukan hanya sekedar formalitas untuk memenuhi persyaratan pengangkatan sebagai seorang PNS.

“Pertanyaan yang paling mendasar adalah mengapa anda harus ikut Latsar? Kalau anda tengok di dalam UU NO.5 Tahun 2014 tentang ASN, dikatakan bahwa ASN itu adalah profesi, sehingga harus professional. Kita itu adalah pelayan masyarakat yang dituntut untuk membrikan pelayanan terbaik kepada stakeholders. Semakin hari, masyarakat itu semakin pintar, semakin berkembang, sehingga tuntutan mereka juga semakin banyak dan sulit. Kalau kita tidak bisa memenuhi tuntutan mereka, maka kita akan dianggap tidak professional. Tentunya kita tidak mau untuk menambah stigma negatif seorang PNS di mata masyarakat” jelas Aswad. Pelatihan ini dikatakan Aswad juga adalah sebagai salah satu upaya dalam pengembangan kompetensi. Hal ini tentunya masih terkait pula dengan UU No.5 Tahun 2014 Tentang ASN yang ditindaklanjuti oleh PP No.17 Tahun 2020, yang menegaskan hak bagi seorang ASN untuk mendapatkan pengembangan kompetensi minimal 20JP selama setahun.

Menurut Aswad, sikap professional harus terus ditanamkan dalam-dalam pada diri seorang ASN. “PNS itu jabatan terhormat di negeri ini, harus bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Kalau tidak, maka tidak akan bisa jadi PNS” tegasnya. “Yang terpenting, kata kuncinya adalah pelayanan terbaik kepada masyarakat, karena seorang PNS tidak akan pernah bisa memisahkan diri dari masyarakat” tutupnya.

Dihadiri oleh Kepala BKPSDM Kota Bontang, Kepala BKPSDM Kota Balikpapan, dan perwakilan dari Komandan Kodim 0901 Samarinda, pelatihan ini rencananya akan dilaksanakan hingga tanggal 29 Juli mendatang. (ler/ler)

#kawanlan
#lanuntuknegeri
#puslatbangkdod
#makartibhaktinagari
#asnunggul
#asnberakhlak
#banggamelayanibangsa

Skip to content