Menu Close

Tingkatkan Budaya Birokrasi Bersih, Melayani dan Responsif. Pusbangkom TSK ASN Selenggarakan Pelatihan Revolusi Mental Angkatan I

Jakarta – Pusbangkom TSK ASN menyelenggarakan Pembukaan Pelatihan Revolusi Mental Untuk Budaya Birokrasi Bersih, Melayani dan Responsif angkatan I di tahun 2022 yang dilakukan secara virtual, Selasa (22/2).

Kegiatan pembukaan pelatihan ini merupakan kegiatan awal dari rangkaian kegiatan Pelatihan Revolusi Mental Untuk Budaya Birokrasi Bersih, Melayani dan Responsif yang akan berlangsung kurang lebih selama 2 bulan dengan mekanisme on dan off campus. Peserta pelatihan berjumlah 25 orang yang terdiri dari berbagai instansi pemerintah pusat dan daerah.

Acara diawali dengan laporan kegiatan yang disampaikan oleh Isti Heriani selaku Kepala Pusbangkom TSK ASN yang dilanjutkan dengan pembukaan pelatihan dan ceramah kebijakan pelatihan revolusi mental oleh Basseng selaku Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi.

Dalam ceramahnya Basseng menyampaikan bahwa, pelatihan ini merupakan salah satu cara untuk mewujudkan Indonesia yang merdeka bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Oleh karena itu, salah satu tujuan pelatihan revolusi mental ini adalah untuk meningkatkan kompetensi peserta dalam melakukan perubahan cara pandang agar mampu memberikan pelayanan publik yang berkualitas.

Disamping itu Basseng juga menyinggung mengenai core values dan employer branding bagi ASN yang baru saja di launching oleh Presiden Joko Widodo. Core Values ASN adalah Ber-AKHLAK yang artinya 1) Berorientasi Pelayanan, 2) Akuntabel, 3) Kompeten, 4) Harmonis, 5) Loyal, 6) Adaptif, dan 7) Kolaboratif. Sedangkan Employer Branding ASN yaitu Bangga Melayani Bangsa. Mari jadikan keseharian kita sebagai ASN dengan jargon Bangga Melayani Bangsa dengan Ber-AKHLAK. Diharapkan dengan core values dan employer branding yang sama akan ada persamaan persepsi bagi seluruh ASN dan berujung pada peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan oleh para ASN kepada masyarakat luas.

Pelatihan Revolusi Mental ini adalah salah satu program prioritas nasional yang merupakan terjemahan dari Visi dan Misi Presiden yaitu kemajuan budaya yang mencerminkan kepribadian bangsa. Pelatihan ini yang diatur dan dioperasionalkan melalui Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 4 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Revolusi Mental untuk Penguatan Budaya Birokrasi yang Bersih, Melayani, dan Responsif. (hn)

 

Skip to content