Menu Close

Puslatbang KDOD Gelar Pelepasan Pelatihan Dasar CPNS Angkatan XVIII Tahun 2021

Samarinda – Kebijakan proses pembelajaran Latsar memang telah berubah. Peserta Latsar tentunya juga mungkin merasa kekurangan waktu untuk berada di kampus tercinta ini, menikmati segala fasilitas yang disediakan, dan saling bercengkrama satu sama lainnya. Begitupun dengan penyelenggara,  juga merasa demikian tentunya, ingin sekali pembelajaran secara klasikal ini berlangsung lebih lama agar bangunan karakter nilai-nilai dasar ANEKA lebih tertanam dalam diri dan benak teman-teman semua. Hal terse but disampaikan Kepala Puslatbang KDOD Mariman Darto saat melepas secara resmi Pelatihan Dasar CPNS Angkatan XVIII Tahun 2021. Seluruh peserta yang berjumlah 40 orang dan berasal dari Pemerintah Kota Balikpapan dinyatakan lulus dalam pelatihan ini.

Mariman mengatakan bahwa lima nilai ANEKA yang menjadi pondasi dasar ASN bukan hanya dipelajari dan dipahami, tetapi yang menjadi tantangan terberatnya adalah dalam proses implementasinya. Untuk itu, menurut Mariman diperlukan harapan, komitmen, dan jiwa spiritual yang selalu berpegang teguh pada nilai-nilai agama yang dianut.

“Hal lainnya yang harus anda miliki dan jangan disia-siakan adalah potensi anda. Jadilah ASN yang teladan. Apalagi anda yang sebagian besar adalah guru, anda digugu dan ditiru, dipercayai dan diteladani. Sekalipun anda berada pada musim kemarau berkepanjangan, sekalipun anda berada di tengah-tengah orang yang tidak ada yang bisa dijadikan role model, tapi anda harus bisa menjadi seseorang yang berteriak dengan lantang berdasarkan nilai-nilai yang dianut” ujar Mariman lagi.

Di akhir sambutanya, Mariman berpesan kepada seluruh peserta agar terus dapat menjadi seorang ASN yang paham akan posisinya sebagai pelayan publik, agar dapat terus menebarkan kebaikan kepada masyarakat sekitar. Dan yang terpenting lagi menurut Mariman, seluruh peserta harus mampu membangun spirit atau semangat perubahan pada instansinya masing-masing pada khususnya, dan pada Pemerintah Kota Balikpapan pada umumnya agar dapat tercipta sebuah ekosistem yang baik sehngga dapat terus mendukung mereka semua dalam melanjutkan aksi perubahan. (ler/ler)

Skip to content