Menu Close

Pusat Pengembangan Kader ASN LAN Menyelenggarakan Pelatihan Dasar CPNS Pola Blended Learning

Pada Tahun 2021, sesuai dengan Peraturan Lembaga Administrasi  Negara Nomor 1 Tahun 2021, Pusat Pengembangan Kader ASN akan meneyelengggrakan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2021 sebanyak 4 Gelombang yang persertanya berasal dari beberapa Kementerian/Lembaga .  Berbeda dengan tahun sebelumnya, untuk tahun ini penyelenggaraan akan menggunakan model baru yaitu Blended Learning, dimana proses pembelajarannya memadukan proses pembelajaran tatap muka di dalam kelas dengan proses pembelajaran secara daring. 

Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr. Basseng, M.Ed pada saat Penyambutan Peserta Pelatihan Dasar CPNS Gelombang I beberapa waktu lalu menyampaikan Latsar CPNS secara distance learning cukup menantang. Karena peserta Latsar CPNS akan mempelajari nilai-nilai dasar, substansi-substansi yang ada di dunia birokrasi. Dunia pelayanan publik.

“Yang urgent dalam pelatihan ini adalah kawan-kawan mengikut metode pelatihan yang bertingkat. Tantangan Pelatihan Dasar CPNS di era pandemik ini cukup tinggi, kalau bukan pandemik Saya kira Kita bisa bertemu setiap saat di Kampus Pejompongan. Kita berharap permasalahan yang muncul dalam pelatihan ini bisa dikomunikasikan. Jika tidak dikomunikasikan akan berlanjut terus hingga nanti. Ini yang harus di antisipasi”, ujar Basseng secara daring.

Sementara itu Kepala Pusat Pengembangan Kader ASN, Hartoto, S.I.P., M.Si. menyampaikan Latsar CPNS Gelombang I Tahun 2021 ini diikuti oleh 120 Peserta yang berasal dari 4 Instansi, yaitu Lembaga Administrasi Negara (LAN), Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), dan Arsip Nasional RI (ANRI). Penyelenggaraan Latsar CPNS dimulai dengan pembelajaran mandiri melalui Massive Online Open Courses (MOOCs) selama 16 hari , dari tanggal 29 Maret – 18 April 2021.

“Nantinya setelah menjalankan proses pembelajaran mandiri melalui MOOCs, Peserta mengikuti psoses pembelajaran Distance Learning dimana akan ada pembelajaran tatap muka secara virtual dan e-learning, mulai Senin (19/4), sebelum nantinya pembelajaran klasikal pada Tanggal 12 Juli 2021 yang  akan dibuka oleh Kepala Lembaga Administrasi Negara.” Tambah Hartoto.

Sebagai informasi dalam pembelajaran mandiri melalui MOOC, peserta Latsar CPNS wajib mengikuti pembelajaran selama 48 (empat puluh delapan) JP atau setara 16 (enam belas) hari kerja bertempat di kedudukan peserta masing-masing. Selama pembelajaran mandiri tersebut, peserta akan mengikuti materi kebijakan, materi subtansi 1, materi subtansi 2, hingga nanti di akhir pembelajaran mandiri mengikuti evaluasi akademik dan penilaian sikap perilaku. Semua kegiatan tersebut dilakukan secara online melalui MOOC.

“Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil secara Distance Learning ini cukup menantang, karena saudara akan mempelajari nilai-nilai dasar, substansi-substansi yang ada di dunia birokrasi. Dunia pelayanan publik”, kata Dr. Basseng, M.Ed., i saat menyapa Peserta Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Gelombang I Tahun 2021 secara daring, pada Senin (29/3).

Skip to content