Menu Close

Bangun Efektivitas dan Efisiensi dalam Melayani, Kepala LAN Lantik 71 Pejabat Fungsional

Jakarta – Sebagaimana telah diamanatkan oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, untuk segera melakukan penyederhanaan birokrasi dan sebagai bentuk implementasi Peraturan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Nomor 8 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Administrasi Negara, Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si, kembali melantik 71 (tujuh puluh satu) Pejabat Fungsional di lingkungan LAN. Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Fungsional tersebut dilaksanakan di Aula Prof Agus Dwiyanto, MPA, Kantor LAN, Jalan Veteran 10, Jakarta Pusat, Jumat (5/3).

Dalam sambutannya, Kepala LAN menyampaikan bahwa kita sebagai ASN memiliki basis profesionalitas, oleh karena itu, maka setiap pegawai diharapkan memiliki jabatan yang jelas sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

“Pejabat fungsional sebagai pelaksana teknis fungsional pada instansi pemerintah memiliki peran yang penting bagi jalannya pemerintahan, ia harus mampu melaksanakan tugas-tugas yang bersifat mandiri dalam melaksanakan tugas profesi sesuai dengan jenjang jabatan pada level keterampilan dan keahlian sesuai dengan butir-butir kegiatan yang telah diatur dalam permenpan masing-masing jabatan fungsional,” jelasnya.

Adi Suryanto menambahkan tantangan kita kedepannya akan semakin kompleks maka hal ini menuntut kita harus berlari lebih cepat lagi dibanding dengan ASN pada umumnya, hal ini juga didasarkan pada tugas pokok dan fungsi LAN sebagai instansi Pembina dalam pengembangan kompetensi ASN.

“Maka dari itu kita harus berada selangkah bahkan dua langkah  lebih maju daripada ASN yang kita bina” tegasnya.

Kepala LAN juga mengingatkan untuk selalu menjaga protokol kesehatan di tengah wabah pandemi covid-19 yang saat ini masih melanda tanah air, kesehatan merupakan hal yang sangat penting di masa sekarang ini,

“Kita akan berupaya secara terus menerus agar pegawai tetap merasa aman jika bekerja di kantor serta selalu menjaga daya tahan dan imunitas tubuh dengan rutin melakukan aktifitas fisik dan berolahraga, maka dari itu, setiap jumat pagi, kami mengajak seluruh pegawai untuk berolahraga,” ungkapnya

Adi Suryanto berharap kepada seluruh pejabat yang telah dilantik untuk memberikan kontribusi nyata sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, dapat lebih mewarnai organisasi yang semakin dinamis dengan terus memberikan ide kreatif serta terobosan baru dibidang administrasi negara.

Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Fungsional tersebut diselenggarakan dengan menggunakan metode blended, sejumlah 15 (lima belas) pegawai yang dilantik secara langsung telah menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19 secara ketat dan sisanya 56 (lima puluh enam) pegawai mengikuti kegiatan melalui video conference. Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh segenap Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan LAN. (humas)

Skip to content