Menu Close

Puslatbang KMP Wakili LAN Salurkan Bantuan kepada Korban Gempa Sulawesi Barat

Mamuju – Gempa bumi 6,2 SR yang mengguncang beberapa kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat pada 15 Januari 2021 lalu menyisakan kerusakan dan duka bagi mereka yang menjadi korbannya. Untuk meringankan beban para korban, Puslatbang KMP melalui gerakan LAN Peduli melakukan penggalangan dana bagi korban gempa bumi di wilayah Majene, Mamuju dan Polewali Mandar. Selama sekitar satu minggu melakukan penggalangan, terkumpul dana sekitar Rp 18.000.000 yang berasal dari donasi pegawai maupun Alumni Pelatihan Puslatbang KMP. Donasi yang diperoleh LAN Peduli Puslatbang KMP juga mendapat tambahan donasi sebesar Rp 25.000.000 dari penggalanagan dana LAN Peduli yang dilaksanakan oleh LAN RI. Dana yang terkumpul kemudian dialokasikan dalam bentuk perlengkapan pribadi untuk dewasa dan anak dan perlengkapan ibadah sebanyak 1284 paket bantuan.

Tim LAN Peduli Puslatbang KMP berangkat menuju ke Mamuju untuk menyalurkan bantuan yang telah terkumpul melalui jalur darat dari Makassar pada hari Jumat, 29 Januari 2021, dipimpin langsung oleh Kepala Puslatbang KMP, Dr. Andi Taufik, M. Si. Penyaluran bantuan pertama kali dilakukan ketika Tim LAN Peduli Puslatbang KMP tiba di wilayah Majene, Sulawesi Barat. Tim tiba di posko pengungsian yang terletak di Desa Lombong, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene. Paket bantuan diserahkan secara simbolis kepada salah satu tokoh masyarakat yang berada di posko pengungsian Malunda. Selama di Majene, 5 pos pengungsian menjadi tujuan Tim LAN Peduli untuk menyalurkan bantuan.

Perjalanan Tim LAN Peduli kemudian dilanjutkan menuju ke Mamuju, Ibukota Provinsi Sulawesi Barat. Di Mamuju, rombongan menuju ke Rumah Dinas Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat. Sekda Provinsi Sulawesi Barat, Dr. Muhammad Idris, M.Si, menerima langsung rombongan Tim LAN Peduli yang dilanjutkan dengan diserahkannya bantuan yang telah terkumpul Beliau juga secara simbolis menerima bantuan donasi dari LAN Peduli sebesar Rp 25.000.000. yang diserahkan secara langsung oleh Kepala Puslatbang KMP.

“Saya atas nama pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dan seluruh jajaran Forkopimda menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sangat besar kepada Kepala Lembaga Administrasi Negara, Bapak Adi Suryanto, beserta seluruh jajaran khususnya yang berada di Puslatbang KMP Makassar, yang telah terjun langsung dan berpartisipasi dalam meringankan beban  kami di Sulawesi Barat dalam menangani gempa yang saat ini semakin kami rasakan tekanan sosialnya. Saya sekali lagi mengapresiasi sumbangan yang telah diberikan oleh Lembaga Administrasi Negara. Kami salut dan mengapresiasi hal tersebut,” ujar Dr. Muhammad Idris, M. Si dalam sesi penerimaan rombongan.

Di Mamuju, Tim LAN Peduli Puslatbang KMP kembali menyambangi 5 posko pengungsian. Salah satunya adalah posko induk yang terletak di Stadion Manakarra di mana rombongan juga menyerahkan sejumlah paket bantuan di lokasi tersebut.

Scroll Up