Menu Close

Pemerintah Kabupaten Garut Gandeng Puslatbang PKASN Lakukan Kajian Budaya Kerja

Garut – Kerjasama antara Lembaga Administrasi Negara (LAN) melalui Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Pemetaan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (Puslatbang PKASN) sudah terlaksana beberapa kali. Hal itu semata-mata dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas birokrasi Indonesia. Hal tersebut disampaikan Kepala Puslatbang PKASN LAN, Dr. Hari Nugraha, SE.,MPM pada kegiatan Pemaparan Hasil Kajian “Strategi Peningkatan Produktivitas Kerja ASN melalui Penguatan Budaya Kerja di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Garut”, Selasa (15/12).

 

“Saya mengapresiasi kepercayaan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Garut kepada Puslatbang PKASN untuk melakukan kajian tersebut. Saya harap kerjasama tersebut dapat terus berlanjut ke depannya dalam berbagai bentuk dalam rangka meningkatkan kualitas birokrasi Indonesia.” Tambah Hari

 

Sejalan dengan Hari,  Bupati Garut yang diwakili Pj. Sekretaris Daerah Kab. Garut, Drs. Benny Bachtiar M.Si. menyambut baik pemaparan hasil kajian yang dilakukan Puslatbang PKASN. Dimana kegiatan tersbut merupakan bagian inheren dari evaluasi penilaian mandiri pelaksanaan reformasi birokrasi (PMPRB) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut, sebagaimana diatur dalam ketentuan perundang-undangan.

 

“Saya menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim kajian budaya organisasi dan budaya kerja Puslatbang PKASN LAN. Selaku kepala daerah, tentu saya menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini,” tambah Benny.

 

Selanjutnya, Benny menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Garut menyadari bahwa saat ini kinerja birokrasi di lingkungan pemerintah Kabupaten Garut masih perlu lebih ditingkatkan lagi. Peningkatan produktivitas kerja ASN dapat dilakukan melalui penguatan budaya kerja di lingkungan birokrasi. Untuk itu, Bupati Garut merespon secara positif atas kegiatan kajian tersebut, yang lebih mengedepankan dua asas utama, yaitu fokus dan prioritas, yang mengarah pada akar masalah tata kelola pemerintahan, serta perbaikan tata kelola sesuai dengan karakteristik sumber daya dan tantangan yang dihadapi. Respon positif tersebut tidak terlepas dari harapan Bupati selaku kepala daerah kepada Tim Puslatbang PKASN untuk mendorong peningkatan kualitas birokrasi melalui penguatan budaya organisasi dan budaya kerja ASN.

 

“Terakhir saya menyampaikan ucapan terima kasih dari Bupati Garut dan penghargaan kepada tim kajian Puslatbang PKASN LAN atas kerjasama yang telah dibangun selama ini, khususnya kali ini dalam mengkaji penerapan budaya organisasi dan budaya kerja ASN di lingkungan pemerintah Kabupaten Garut.” Tutup Benny.

 

Pada kesempatan tersebut hasil Kajian dipaparkan oleh Tim Kajian Puslatbang PKASN yang diwakili oleh Koordinator Tim, yaitu Krismiyati, ST., M.Ec., M.SE. Kajian bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan-permasalahan budaya kerja yang menyebabkan rendahnya produktivitas kerja ASN di lingkungan pemerintahan Kabupaten Garut. Hasil identifikasi permasalahan tersebut kemudian menjadi dasar perumusan strategi penguatan budaya organisasi dalam rangka peningkatan produktivitas kerja ASN. Strategi secara organisasional ini penting karena budaya kerja merupakan suatu faktor yang harus diciptakan secara bersama-sama.

Scroll Up