Menu Close

Persiapkan Kader Perubahan, LAN Gelar Penyetaraan Alumni RLA dengan PKN Tingkat II

Jakarta – Salah satu terobosan dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) dalam hal penyiapan pemimpin perubahan adalah melalui penyelenggaraan Pelatihan Reform Leader Academy (RLA). Para Alumni Pelatihan RLA kemudian berhak mendapatkan penyetaraan dengan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II yang mulai hari ini digelar secara virtual selama 10 hari kedepan.

Penyetaraan Alumni Pelatihan RLA pertama yang diselenggarakan melalui metode Pembelajaran Jarak Jauh ini sebagai bukti bahwa kondisi pandemi tidak mengurangi kinerja LAN. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si, ketika memberikan sambutan pada Pembukaan Penyetaraan Alumni Pelatihan RLA dengan PKN Tingkat II Angkatan I secara daring, Rabu (16/9).

“Pandemi Covid-19 membuat kita semua merasa prihatin, namun di satu sisi menjadi kesempatan emas di mana birokrasi harus tetap berlangsung. Selain itu, kita masih dihadapkan oleh adanya penurunan kepercayaan publik, perkembangan teknologi, dan lingkungan eksternal yang berubah sangat cepat. Hal ini merupakan tuntutan zaman yang harus dijawab oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam memberikan pelayanan publik. Oleh sebab itu, diperlukan sosok aparatur berkelas dunia” tambah Adi Suryanto.

Lebih lanjut Kepala LAN menyampaikan, kalau dulu cara bekerja ASN cenderung ajeg/ monoton, namun sekarang ASN harus meredesain cara kerjanya menjadi lebih dinamis dan kreatif. Ini merupakan peluang bagi para peserta pelatihan untuk nantinya dapat melakukan inovasi melalui implementasi proyek perubahan sesuai dengan strategi area kebijakan organisasi yang melibatkan pemangku kepentingan dan menerapkan strategi marketing. Diharapkan akan muncul pemikiran baru dalam menciptakan birokrasi yang lebih baik lagi.

“Saat ini, seorang pemimpin harus dapat bergerak cepat dalam merespon berbagai perubahan. Organisasi pemerintah yang lamban dalam merespon segala sesuatu, tentu sangat tidak mencerminkan birokrasi yang berkelas dunia. Terakhir saya ucapkan Selamat kepada peserta Pelatihan yang telah terpilih mengikuti Penyetaraan Alumni Pelatihan RLA ini. Tetap patuhi protokol kesehatan dan terus bekerja secara extraordinary”, tutupnya.

Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi, Dr. Basseng, M.Ed. dalam laporan penyelenggaraan menyampaikan bahwa Penyetaraan Alumni Pelatihan RLA dengan PKN Tingkat II Angkatan I Tahun 2020 ini direncanakan diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari 4 Kementerian sebanyak 10 orang, 5 Lembaga Negara/LPNK sebanyak 7 orang, 10 Pemerintah Daerah sebanyak 20 orang dan Kepolisian Negara Republik Indonesia sebanyak 3 orang.

Turut hadir pada kegiatan ini Deputi Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara, Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Kepemimpinan Nasional dan Manajerial ASN, Erfi Muthmainah, SS., MA, dan segenap Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama LAN. (humas)

Skip to content